PENGGUNAAN PID PADA AUTOMATIC VOLTAGE REGULATOR (AVR) UNTUK KESTABILAN TEGANGAN TERMINAL GENERATOR SINKRON 3 FASA

Abdul Muis Prasetia, Linda Sartika, Al Ma'ruf

Abstract


Pada masa sekarang ini listrik sudah menjadi kebutuhan utama bagi kita, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan sistem pembangkit listrik, salah satunya dapat menggunakan generator sinkron 3 fasa yang berfungsi untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Besarnya permintaan energi listrik dengan kebutuhan yang beragam menyebabkan listrik yang dihasilkan generator sering kali tidak stabil, maka dari itu diperlukan Automatic Voltage Regulator (AVR) yang berkerja secara kontinyu untuk membaca error tegangan pada terminal generator lalu memperbaikinya. Pada penelitian ini sistem eksitasi AVR telah dirancang menggunakan kendali Proportional Integral Derivative (PID) dengan gain yang digunakan yaitu Kp = 0.25; Ki = 15; dan Kd = 0. Parameter PID ditanamkan pada mikrokontroler dengan bahasa pemrograman, dengan adanya AVR pada generator sinkron 3 fasa sistem pembangkit listrik mampu menghasilkan tegangan yang stabil dan sesuai dengan setandar PLN yaitu 220V baik ketika diberi beban ataupun tidak diberi beban.

Keywords


Generator sinkron 3 fasa; sistem eksitasi; kendali PID; kestaabilan

Full Text:

PDF

References


A. A. Alam, Syarial, and N. Taryana, “Pemodelan dan Simulasi Automatic Voltage Regulator untuk Generator Sinkron 3 kVA Berbasis Proportional Integral,†J. Reka Elkomika, vol. 3, no. 2, pp. 97–110, 2015.

E. C. Lister, Mesin dan Rangkaian Listrik Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 1993.

I. Robandi, Modern Power System Control. Yogyakarta: ANDI, 2009.

K. Ogata, Ogata, Katsuhiko. Teknik kontrol Automatik jilid 1. Jakarta: Erlangga, 1985.

T. D. Pamungkas, U. Sutisna, and Y. R. Fauzan, “Penerapan Algoritma Fuzzy Untuk Optimasi Kontroler PID Pada Sistem Kontrol AVR Generator 3 Fasa 480VA Berbasis Mikrokontroler ATMega16,†Iteks, vol. 10, no. 2, 2018.

S. Armansyah, “Pengaruh Penguatan Medan Generator Sinkron Terhadap Tegangan Terminal,†J. Tek. Elektro UISU, vol. 1, no. 3, pp. 48–55, 2016.

P. Jati, “Simulasi kendali proportional integral derivative dan logika fuzzy pada sistem eksitasi automatic voltage regulator dengan simulink Matlab,†Phys. Commun., vol. 1, no. 1, pp. 93–98, 2017.

A. P. Widiastuti, T. Winarno, and S. Nurcahyo, “Implementasi Prototype Robot Line Following Untuk Pengantar Barang Pada Area Berbahaya Dengan Kontrol PID,†J. Elkolind, vol. 3, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v9i2.4372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â