ECONOMIC DISPATCH MENGGUNAKAN METODE QUADRATIC PROGRAMMING

Patria Julianto

Abstract


Pada sistem tenaga listrik, energi listrik yang dibutuhkan oleh konsumen harus disediakan oleh pembangkit-pembangkit listrik. Pembangkit-pembangkit tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik dari sisi jenis bahan bakar, kapasitas maupun pola pengoperasiannya. Untuk mendapatkan biaya pembangkitan yang paling minumum, maka pengoperasian pembangkit-pembangkit listrik harus dilakukan secara optimum yang dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pembagian pembebanan (economic dispatch). Pada economic dispatch yang menjadi permasalahan utama adalah bagaimana mendapatkan nilai akar-akar persamaan non linier (persamaan kuadrat) yang merupakan pemodelan matematika dari karakteristik pada masing-masing pembangkit listrik. Pada penelitian ini metode Quadratic Programming digunakan untuk menyelesaikan permasalahan economic dispatch, sedangkan software yang digunakan adalah software GAMS. Untuk menguji pemodelan economic dispatch digunakan data Sistem IEEE 30 Bus dan Sistem Jawa Bali 500 kV. Hasil simulasi juga dibandingkan dengan metode Iterasi Lamda dan metode Flower Pollination Algorithm dengan hasil perbandingan menunjukkan bahwa metode Quadratic Programming lebih unggul dibandingkan dengan metode lainnya.


Keywords


Economic dispatch, biaya bahan bakar, Quadratic Programming.

References


Angdrie, S. V., Patras, L. S., Tumaliang, H., & Lisi, F. (2012). Optimalisasi Biaya Bahan Bakar Untuk Penjadwalan Unit-Unit Pada Pembangkit Thermal Sistem Minahasa Dengan Metode Iterasi Lamda. Jurnal Teknik elektro dan Komputer, 1(2), 1-6.

Gama, N., Fielman, L., Maickel, T. & Nelwan, A. F. (2012). Aliran Daya Optimal Pada Sistem Minahasa. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 1(3), 1-10.

Riswandi, S., Lubis, R. S., & Syukri, M. (2021). Operasi Ekonomis pada Sistem Pembangkit Thermal Sumatera Barat dengan Menggunakan metode Iterasi Lamda. KITEKTRO : Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 6(1), 19-25.

Dzikra, T. K. (2019). Economic dispatch Dengan Memperhitungkan Integrasi Solar Energi Menggunakan Metode Quadratic Programming (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Winasatria, I. M. T., I Made, M. dan Ida, B. M. (2019). Economic dispatch Pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas (PLTDG) Menggunakan Fuzzy Logic Controller (FLC). Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(1), 105-112.

Pertiwi, N. P., Ramdhan, H. S., & Syahrizal. (2018). Analisa Economic dispatch Pada Unit Pembangkit Menggunakan Metode Iterasi Lamda Berdasarkan Base Point And Participation Factors. Jurnal KITEKTRO: Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 3(2), 24-29.

Pratama, D. A. (2016). Economic and Emission Dispatch pada Sistem Transmisi Jawa Bali 500KV Berdasarkan Ruptil 2015-2024 Menggunakan Modified Artificial Bee Colony Algorithm (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Faulianur, R., Haikal, M. A., & Hasan, M. N. (2021). Komparasi Metode Iterasi Lamda Dengan Quadratic Programming Pada Sistem Pembangkit Termal. Jurnal Intake: Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan, 12(1), 37-44.

Hasi Saadat. (1999), Power System Analysis, “WCB Mc Graw-Hil, New York.

Garces, Alejandro. (2022), “Mathematical Programming for Power System Operation: From Theory to Aplication in Python”, John Wiley & sons, Inc, Canada.

Arifin, K. A. R. (2018). Dynamic Economic dispatch Mempertimbangkan Rugi-Rugi Transmisi Menggunakan Quadratic Programming (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Soroudi, A. (2017). Power System Optimization Modeling in GAMS (Vol. 78). Switzerland: Springer.

Appendix A: Data for IEEE-30 Bus Test System. [Online]. Available from: https://alroomi.org/multimedia/Power_Flow/30BusSystem/IEEE30BusSystemDATA2.pdf.

Sugianto, S. P., Mardiyah, N. A., & Suhardi, D. (2021, Januari) Combined Economic and Emission Dsipatch Menggunakan Flower Pollination Algorithm Pada Transmisi 500 kV Jawa Bali. In Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa). (No. 6, pp.8-17).

Nurdelia, A. (2018). Economic Dispatch Menggunakan Artificial Bee Colony dengan Sistem IEEE-24 Bus.




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v10i1.4428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â