KESESUAIAN EKOWISATA DANAU ACO DI KAMPUNG LINGGANG MELAPEH KABUPATEN KUTAI BARAT

Muhammad Yasser, Rico Ardius Sangyang, Nurfadilah Nurfadilah, Omega Raya Simarangkir

Abstract


Wisata alam danau Aco terletak di Kampung Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat dengan objek wisata yang mengandalkan alam sebagai objek daya tarik wisatanya dalam hal ini danau dan hutan. Sehingga dengan potensi tersebut perlu dilakukan penilaian kesesuaian ekowisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian ekowisata danau Aco sebagai daerah tujuan wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeks kesesuaian wisata.Berdasarkan hasil pengukuran parameter dilapangan diperoleh kisaran suhu yaitu 27°C, nilai kecerahan air rata-rata yang terukur pada pengamatan didanau adalah 2,85 meter, hasil responden dengan pengelola danau Aco memiliki kedalaman 40 meter, warna air pada umumnya berwarna hijau jernih dan tidak berbau. Hasil Indeks Kesesuaian sumberdaya untuk wisata sepeda air sesuai (68,75%), Kesesuaian wisata duduk santai sangat sesuai (84,31%), Kesesuaian wisata foto shooting sangat sesuai (84,44%) dan Kesesuaian wisata berenang sesuai (70,83%).

Kata Kunci: Danau Aco, Indeks Kesesuaian Wisata, Kampung Linggang Melapeh


Keywords


Danau Aco, Indeks Kesesuaian Wisata, Kampung Linggang Melapeh

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M.R., Wunas, S., & Hamzah, B. 2020. Potensi Pengembangan Danau Mawang Sebagai Obyek Wisata di Kabupaten Gowa. Jurnal Plano Madani. Vol. 9 (1). Hal. 49-55.

Noor, M.A.F., & Romadhon, A. 2020. Analisis Kesesuaian dan Daya Dukung Lingkungan Pulau Gili Noko Bawean Sebagai Kawasan Ekowisata Pantai. Jurnal Juvenil. Vol. 1(1). Hal 38-46.

Soemarwoto, O. 2011. Ekologi, Lingkungan Hidup Dan Pembangunan. Djambatan. Jakarta.

Yulianda, F. 2007. Ekowisata Bahari sebagai Alternatif Pemanfaatan SumberdayaPesisir Berbasis Konservasi. Disampaikan pada Seminar Sains 21 Februari 2007. Departemen MSP. FPIK. IPB. Bogor.

Yulianda F. 2010. Konsep Ekowisata Perairan Suatu Pendekatan Ekologis. Makalah. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institute Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.35334/harpodon.v14i2.1934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Dimensions

Alamat Redaksi: Fakultas Perikanan Gedung E. Lantai 1 Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara

Email: harpodonborneo@borneo.ac.id

Website: jurnal.borneo.ac.id/index.php/harpodon


View Harpodon Statistics

Creative Commons License
Jurnal Borneo Harpodon is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.