KERAGAMAN KELAS BIVALVIA BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGIS DAN HABITAT DI PANTAI BINALATUNG DAN SELAYUNG KOTA TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Zainuddin Zainuddin, Nyoman Puniawati Soesilo, Trijoko Trijoko

Abstract


Sebagian besar Bivalvia di Kota Tarakan memiliki nilai ekonomis sehingga terus dieksploitasi untuk dijadikan bahan makanan maupun bahan baku cendramata. Akan tetapi belum ada catatan tentang kekayaan Bivalvia di perairan pantai Kota Tarakan. Tujuan penelitian ini mengetahui keanekaragaman Kelas Bivalvia di Pantai Binalatung dan Selayung Kota Tarakan berdasarkan karakter morfologis dan habitat. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode transek dengan ukuran 10 m x 10 m. Spesimen dikumpulkan dari zona subtidal dan intertidal Pantai Binalatung dan Selayung. Bivalvia yang didapatkan diidentifikasi karakter morfologi, fisikokimia air, substrat, dan tekstur subtrat diambil dan diukur pada semua stasiun. Data morfologi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga spesies yang ditemukan dan dikelompokkan menjadi tiga Famili, tiga Ordo dan dua Subkelas. Karakter morfologi yang ditemukan yaitu, Bentuk cangkang, Warna cangkang, Keadaan cangkang, Pahatan cangkang, Periostrakum, Umbo, Bekas Otot, Garis Pallial. Spesies Meretrix meretrix di ditemukan pada masing-masing stasiun di zona intertidal maupun subtidal. Sedangkan spesies Saccostrea cucculata di ditemukan pada masing-masing stasiun di zona intertidal.

Full Text:

PDF

References


Adi Soemarto, S., 2008. Taksonomi: Asas, Konsep dan Metode. Bandar Lampung: Penerbit Universitas lampung.

Ambarwati, R. dan Trijoko, 2010. Kekayaan Jenis Anadara (Bivalvia: Arcidae) di Perairan Pantai Sidoarjo. Berkala Penelitian Hayati, Edisi Khusus (in press).

Awaluddin, M.Y, D. Wiharyanto, G. Salim, M. Firdaus, 2012. Pendekatan Metode Von Bertalanffy untuk Analisis Pertumbuhan Kerang Kapah (Meretrix meretrix) yang Berasal dari Pengepul Pantai Amal Lama Kota Tarakan.

Bengen, D. G. 2004. Sinopsis : Ekosistem dan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serta Prinsip Pengelolaannya. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan . Institut Pertanian Bogor.

Bengen, DG., 2009. Pentingnya Sumber Daya Moluska Dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Penghela Ekonomi Perikanan. Makalah Utama.

Carpenter, K. E. and V. H. Niem.(Ed). 1998. The Living Marine Resources of the Western Central Pacific. Volume 1. Seaweeds, Corals, Bivalves and Gastropods. Food and Agriculture Organization of the United Nations. Rome.

Carpenter, K.E. (ed.). 2002. The living marine resources of the Western Central Atlantic. FAO Species IdentificationGuide for Fishery Purposes and American Society of Ichthyologists and Herpetologists Special PublicationNo. 5. Vols 1-3. Rome, FAO. 2150p.

Dharma, B., 1998. Siput dan Kerang Indonesia I (Indonesia Shells). Jakarta: PT. Sarana Graha.

Dharma, B., 2005. Recent and fosil Indonesia Shell. Hackenheim: Conchbooks.

DKP Kabupaten Sambas, 2007. Rencana Strategis Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sambas, DKP Kabupaten Sambas.

Gofur, A., 2003. Pengaruh Pemberian Tepung Kupang (Musculita senhausia) Dalam Pakan Terhadap Produktivitas dan Kandungan Logam Berat Dalm Daging Itik Mojosari. Jurnal Bipsains Pascasarjana 5(2).

Mayr, E. and P.D. Ashlock, 1991. Principles of systematic zoology. Second edition. McGraw Hill International Edition, New York.

Sneath, P.H.A. and R.R. Sokal.,1973. Numerical taxonomy. San Francisco.

Sturm, C.F., T.A. Pearce, A. Valdes, 2006. The mollusks:a guide their study, collection, and preservation. Universal-Publishers.

Veiga, P., M. Rubal., E. Cacabelos., C. Maldonado., I. Sousa-Pinto. 2014. Spatial variability of macrobentic zonation on exposed sandy beaches. J. of Sea Research, 90:1-9.

Widiastuti E. 1998. Distribusi dan Populasi Tiram (Crassostrea cucullata) di Tegakan Mangrove. Laporan Kegiatan. UNDIP Semarang.

Zainuddin, 2016. Keragaman Jenis Anggota Bivalvia Berdasarkan Karakter Morfologis Dan Habitat Di Perairan Pantai, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Tesis. Pascasarjana Fakultas Biologi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Zainuddin, N.P. Soesilo, dan Trijoko, 2018. Keragaman Genus Anadara Berdasarkan Karakter Morfologis Dan Habitat di Perairan Pantai, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.




DOI: https://doi.org/10.35334/harpodon.v11i1.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Dimensions

Alamat Redaksi: Fakultas Perikanan Gedung E. Lantai 1 Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara

Email: harpodonborneo@borneo.ac.id

Website: jurnal.borneo.ac.id/index.php/harpodon


View Harpodon Statistics

Creative Commons License
Jurnal Borneo Harpodon is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.