STRATEGI PEMASARAN BENUR UDANG GALAH SIJAWA (Macrobrachium rosenbergii) (STUDI KASUS DI UNIT KERJA BUDIDAYA AIR PAYAU SAMAS, YOGYAKARTA)

Asep Agus Handaka Suryana, Nabilah Sani Millatina, Yuli Andriani

Abstract


Unit Kerja Budidaya Air Payau (UKBAP) Samas berperan penting dalam pengembangan budidaya benur udang galah, khususnya varietas Sijawa. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis strategi pemasaran yang efektif, serta potensi dan tantangan dalam pemasaran benur udang galah. Bauran pemasaran 4P mencakup produk benur udang galah dengan harga jual Rp. 40,- yang berada di situs A UKBAP Samas dengan melakukan promosi melalui berbagai saluran. Analisis SWOT menunjukan adanya kekuatan UKBAP Samas dalam memproduksi benur dengan harga tetap, namun tantangan yang dihadapi meliputi harga pakan alami yang cukup mahal dan risiko penyakit pada larva udang galah. Strategi pemasaran yang diterapkan mencakup segmentasi pasar berdasarkan kriteria geografis, demografis, psikografis, dan perilaku, dengan penekanan pada target pasar lokal dan luar daerah. Sistem distribusi yang digunakan meliputi distribusi langsung dan tidak langsung. Hasil riset ini menunjukkan bahwa strategi UKBAP Samas dalam memanfaatkan keunggulan benur udang galah yang bernilai tinggi dan minim pesaing di DIY, berhasil meningkatkan nilai ekonomi dan distribusi benur udang galah dengan melakukan manajemen pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan budidaya yang lebih baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/harpodon.v17i2.5871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.