Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal IMBAYA merupakan jurnal yang menjadi media bagi akademisi maupun praktisi dalam menuangkan hasil pemikiran dan hasil penelitian ilmiah dalam bidang kajian pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia.

Fokus bidang keilmuan:

  • Pendidikan Bahasa: Hasil penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa yang menjadi fokus dalam jurnal IMBAYA yakni berkaitan dengan Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Kelas, Penelitian Eksperimen dan Research and Design dalam bidang pendidikan bahasa.
  • Linguistik: Hasil penelitian ilmiah dalam bidang bahasa atau linguistik mencangkup pada aspek fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik serta berbagai aspek linguistik yang lainnya
  • Sastra: Hasil penelitian ilmiah yang mencangkup bidang sastra yakni kajian sastra tulis dan sastra lisan.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa pembuatan penelitian terbuka secara bebas untuk publik dalam mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Peer Review Process

Imbaya  adalah jurnal yang berdiri sejak 2019. Artikel di dalam jurnal ini ditulis dalam bahasa Indonesia.Jurnal ini fokus pada masalah dan kajian dalam bidang pendidikan bahasa, bahasa dan sastra Indonesia.Semua artikel yang disubmit pada jurnal ini akan melalui proses blind review. Saat artikel disubmit melalui proses daring, seorang editor jurnal menjelaskan mengenai kelayakan naskah untuk diteruskan ke peer review. Jika artikel berhasil melewati skrining awal, naskah akan dikirim ke satu atau lebih peer reviewer. Dewan editor jurnal kemudian akan mempertimbangkan laporan peer reviewer dan menyusun keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah untuk publikasi.

 

Author Fee

Imbaya: membebankan biaya publikasi pada penulis dengan rincian berikut:

- Article Publication : 300.000.00 (IDR)

Jika artikel yang dikirim sudah diterima untuk dipublikasikan (accepted), maka penulis harus melakukan pembayaran setelah proses peninjauaan dan revisi selesai. 
Jika Penulis tidak melakukan pembayaran sampai batas yang telah ditentukan, kami tidak akan mempublikasi artikel tersebut.