KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GALLERY WALK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 TARAKAN

Isabella Isabella

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis cerita fabel denganmenggunakan model gallery walk pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model gallery walk untuk melihat kemampuan menulis dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, menunjukkan bahwa siswa mampu menulis cerita fabel dengan cukup baik. Berdasarkan 3 penilaian yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Untuk kognitif terdapat 3 kelompok yang mendapat nilai dengan rentang 61-70 ada dengan persentase 60% berada dalam kategori cukup, kelompok yang memperoleh nilai dengan rentang 41- 60 ada 2 kelompok dengan persentase 40% berada dalam ketegori kurang,.

Kata Kunci: Menulis, Cerita Fabel, Model, Gallery Walk.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Produser Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Wali Pers.

Danandjaja, 2002. Foklor Indonesia: ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta:

grafiti.

Ghufron, M. 2011. Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group

Discussion dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas

VIII E Di SMP Negeri 1

Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas

Negeri Islam Maulana Malik. Istarani, 2011:1. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kartono, 2009. Menulis Tanpa Rasa Takut Membaca Realitas Secara Kritis. Yogyakarta:Kanisius. Machmudah, 2008. Active Learning. UIN Press. Malang. Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta. BPPE. Yogyakarta.

Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran.BumiAksara.Jakarta

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Soebachman, Agustina. 2016. Mahir Menulis Dalam 4 Hari. Yogyakarta: Kauna

Pustaka.

Sudjana, Rivai Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Yogyakarta. Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Taringan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triyanto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prestasi

Pustaka.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Familia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â