KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GALLERY WALK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 TARAKAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis cerita fabel denganmenggunakan model gallery walk pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model gallery walk untuk melihat kemampuan menulis dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, menunjukkan bahwa siswa mampu menulis cerita fabel dengan cukup baik. Berdasarkan 3 penilaian yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Untuk kognitif terdapat 3 kelompok yang mendapat nilai dengan rentang 61-70 ada dengan persentase 60% berada dalam kategori cukup, kelompok yang memperoleh nilai dengan rentang 41- 60 ada 2 kelompok dengan persentase 40% berada dalam ketegori kurang,.
Kata Kunci: Menulis, Cerita Fabel, Model, Gallery Walk.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Produser Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Wali Pers.
Danandjaja, 2002. Foklor Indonesia: ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta:
grafiti.
Ghufron, M. 2011. Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group
Discussion dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas
VIII E Di SMP Negeri 1
Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas
Negeri Islam Maulana Malik. Istarani, 2011:1. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Kartono, 2009. Menulis Tanpa Rasa Takut Membaca Realitas Secara Kritis. Yogyakarta:Kanisius. Machmudah, 2008. Active Learning. UIN Press. Malang. Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta. BPPE. Yogyakarta.
Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran.BumiAksara.Jakarta
Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Soebachman, Agustina. 2016. Mahir Menulis Dalam 4 Hari. Yogyakarta: Kauna
Pustaka.
Sudjana, Rivai Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Yogyakarta. Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Taringan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Triyanto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prestasi
Pustaka.
Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Familia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia
 |   |  | Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia |   | |
 |  | imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) |  | ||
 |  |  |  | ||
 |  |  |  | ||
 |