PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGTAL PADA MATERI TEKS ANEKDOT DI KELAS X SMKN 1 TARAKAN

Yonis Galih Arifah

Abstract


Abstrack

This research and development were aimed to develop a digital comic-based learning media on anecdotal in class X SMKN 1 Tarakan. This research used Borg and Gall design, modified by Setyosari (2013) into seven steps, they are (1) research and data collecting, (2) planning, (3) initial product development, (4) initial trial, (5) product revision, (6) field trial, (7) final product revision. The assessment was assessed from expert validation and student responses, media expert validation 95%, material expert validation 82%, and linguist validation 85%. During the COVID-19 pandemic, product trials were conducted online through Google Classroom. Class X Hospitality SMKN 1 Tarakan got 83% with very effective qualifications. The results of research on the development of digital comics-based learning media are suitable for use in learning Indonesian, especially in anecdotal text material.

Key words: digital comic, learning media, research and development

 ABSTRAK

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik digital pada materi teks anekdot di kelas X SMKN 1 Tarakan. Penelitian ini meenggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Setyosari (2013:230) menjadi 7 langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria kelayakan minimal berada dikategori layak 61%-100%. Penilaian dinilai dari validasi ahli dan respon siswa, validasi ahli media mendapat persentase 95%, validasi ahli materi mendapat persentase 82%, dan validasi ahli bahasa mendapat persentase 85%. Pada masa pandemi COVID- 19 uji coba produk dilakukan secara online melalui google classroom di kelas X Perhotelan SMKN 1 Tarakan mendapat persentase 83%. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran komik digital ini menunjukkan bahwa media memenuhi kelayakkan untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi teks anekdot.

Kata Kunci: Komik Digital, Media Pembelajaran, Reasearch and Development


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arysad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor.

Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Mashun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Jakarta: Rajawali Pers MSGumelar. 2011. Comic Making. Jakarta: PT Indeks.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â