PEMANFAATAN CERITA RAKYAT SADAN DALAM PEMBELAJARAN CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA KATOLIK SANTO AGUSTINUS RAIMANUK

Maria Fatima Susar, Imaniah Kusuma Rahayu, Metropolly M. J Liubana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pemanfaatan Cerita Rakyat Sadan Dalam Pembelajaran Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Katolik Santo Agustinus Raimanuk, dengan jumlah siswa 14 orang dan objek penelitiannya berupa hasil pekerjaan siswa yang menunjukkan adanya pemanfaatan cerita rakyat yang di dalamnya mengandung struktur cerpen ciri kebahasaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes, dan angket.

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, nilai rata-rata skor hasil observasi adalah 76,67, nilai rata-rata tes siswa adalah 80,71 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan presentase ketuntasan 85%, dan hasil angket respon peserta didik terhadap pemanfaatan cerita rakyat Sadan dalam pembelajaran cerpen 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan cerita rakyat Sadan dalam pembelajaran cerpen berada dalam kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan cerita rakyat Sadan dalam pembelajaran cerpen memiliki dampak positif terhadap proses belajar oleh siswa kelas XI SMA Katolik Santo Agustinus Raimanuk.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Tolken. 1979:32. Buku Bacaan Penunjang Pembelajaraan Sastra. Kutai: Pustaka Borneo.

Rosidi. 1995. Sastra dan budaya kedaerahan dalam keindonesiaan: Jakarta Jaya.

Rachman, 1994. Kepemimpinan Pendidikan Bagi Perbaikan Dan Peningkatan

Pengajaran, Yogyakarta: Nur Cahaya.

Gasanti, Rosi. Pemanfaatan Cerita Rakyat Baridin Dan Kemat Jaran Goyang Di Kabupaten Cirebon Ssebagai Bahan Ajar Sastra Lisan Di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.stkipyasika.ac.id/index.php/metabahasa

Kusnita. Sri, 2021. Certa Rakyat Melayu Pesisir Kalimantan Barat Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Sastra Di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 10, No. 2. DOI: https://10.31571/bahasa.v10i1.2471

Sauri, Sopyan. 2019. Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol 3 No.2. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â