PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA

Halimah Halimah

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh model pembelajaran awal yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia oleh guru kurang optimal, sehingga minat belajar siswa pada kelas XII MIPA sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatakan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara, teknik pengumpulan data yang digunakan editing dan tabulating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dikatakan meningkat.


Full Text:

PDF

References


Nofiyana (2019). Minat Belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 100-113. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index/php/BDS/article/view/12248.

Lasri, S., Sulfiah., & Hanafi F. (2022). Minat Belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal BASTRA, 7(1), 2503-3875. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model pembelajaran Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 2(1).1858-4543.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/13851/871.

Cahyaningsih, E., & Assidik, K. G. (2021). Penerapan Model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi Teks Berita. Jurnal Pengembangan perangkat pembelajaran. 3(1). 2721-3404. https://doi:10.23917/bppp.v3i1.19385.

Supriyanto, & Sutikno, P. Y. (2019). Keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan lagu terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal. 8(4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â