PENGGUNAAN SUBDIALEK BLORA OLEH MASYARAKAT SAMIN DALAM RANAH KETETANGGAAN

Alien Kurnia Warya Selia, Nurul Hanna Fauziyyah

Abstract


Abstrak

Masyarakat Samin merupakan sekelompok masyarakat yang menganut ajaran Saminisme dan bertempat tinggal di beberapa daerah di Kabupaten Blora. Masyarakat Samin dalam berkomunkasi sehari-hari menggunakan bahasa Jawa ngoko dan beberapa subdialek Blora. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk subdialek Blora yang digunakan oleh masyarakat Samin dalam ranah ketetanggaan, Untuk mengungkap akar permasalahan dalam penelitian ini digunakanlah pendekatan sosiolinguistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak yang dikembangkan dengan berbagai tekniknya. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui model interaktif Miles & Huberman. Penelitian ini menghasilkan temuan bentuk penggunaan kode tutur yang berupa subdialek Blora yang digunakan oleh masyarakat Samin dalam ranah ketetanggaan. Bentuk subdialek Blora diantaranya yang pertama adalah penggunaan akhiran {-em} yang menggantikan akhiran {-mu} terdapat pada kata “sikilem†yang bermakna ‘kakimu’. Kedua, kata-kata yang berakhir dengan –ih pada bahasa Jawa berubah menjadi –eh terdapat pada kata “mulih†yang dalam pengucapannya menjadi [mulɛh]. Ketiga, terdapat beberapa leksikon khas dari Blora diantaranya “gendul†yang bermakna ‘botol’, “ecek-ecek†yang bermakna ‘kerja bakti’, “laut†yang bermakna ‘pulang’ dan ‘istirahat’.

Kata Kunci: dialek, subdialek, masyarakat Samin, ketetangaan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Mardikantoro, Hari Bakti. 2012. “Pilihan Bahasa Masyarakat Samin dalam Ranah Keluargaâ€. Humaniora, Vol. 24, No. 3, hal. 345-367.

Mumfangati, Titi. 2004. Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Samin, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. DIY: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata DIY.

Poerwandari, Kristi. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Fakultas Psikologi UI.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono dan Pratama Paina. 2004. Sosiolinguistik. Yogyakarta. SABDA Lembaga Studi Agama dan Perdamaian Kerjasama Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â