UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM KELAS IX-3 SMP NEGERI 10 TARAKAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
ABSTRACT
Classroom Action Research using Google Classroom during a pandemic. The purpose of this study was to find out: (1). Can Google Classroom increase students' active learning in writing Indonesian persuasive speech texts during the Pandemic Period for Class IX-3 SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 for the 2021/2022 Academic Year. (2) How using google classroom can increase students' active learning in writing persuasive Indonesian speech texts in the Pandemic Period for Class IX-3 of SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 of the 2021/2022 Academic Year." In this study using qualitative methods with non-participant observation instruments.
       The results of the pre-cycle data can be concluded that 3 aspects are assessed, namely (1) In the preliminary aspect, 5 students score ≥ 80, while 22 students obtain ≤ 80. (2) In the content aspect, there were 4 students who scored ≥ 80, while 23 students who got ≤ 80. (3) In the closing aspect, 10 students got ≥ 80, while 17 students got ≤ 80. Therefore this research continues to cycle I and cycle II to obtain satisfactory results.
Â
Keywords: Active learning, Writing Persuasive Speech texts, Google Classroom.
Â
ABSTRAK
      Penelitian Tindakan Kelas menggunakan Google Classroom di masa pandemi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1).Apakah google classroom dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa menulis teks pidato.persuasif bahasa Indonesia di Masa Pandemi Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Bagaimana menggunakan google classroom dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa menulis teks pidato persuasif bahasa Indonesia di Masa Pandemi Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022â€. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen observasi non-partisipan.
       Hasil dari data pra siklus dapat disimpulkan 3 aspek yang dinilai, yaitu (1) Pada aspek   pendahuluan siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 5 siswa sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 22 siswa. (2) Pada aspek isi siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 4 siswa sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 23 siswa.(3) Pada aspek penutup siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 10 siswa sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 17 siswa. Oleh karenanya penelitian ini berlanjut ke siklus I dan siklus II untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
Â
Kata Kunci: Keaktifan belajar, Menulis teks Pidato Persuasif, Google Classroom.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abu, Ahmadi. 2008. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal dan Ahmad Amrullah. 2019. PTK Penelitian Tindakan Kelas, Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Andi Publisher.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Noeng Muhadjir, 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin
Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Utomo, T dan Ruijter K. 1994. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia
 |   |  | Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia |   | |
 |  | imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) |  | ||
 |  |  |  | ||
 |  |  |  | ||
 |