UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM KELAS IX-3 SMP NEGERI 10 TARAKAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Joko Hartono

Abstract


ABSTRACT

Classroom Action Research using Google Classroom during a pandemic. The purpose of this study was to find out: (1). Can Google Classroom increase students' active learning in writing Indonesian persuasive speech texts during the Pandemic Period for Class IX-3 SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 for the 2021/2022 Academic Year. (2) How using google classroom can increase students' active learning in writing persuasive Indonesian speech texts in the Pandemic Period for Class IX-3 of SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 of the 2021/2022 Academic Year." In this study using qualitative methods with non-participant observation instruments.

        The results of the pre-cycle data can be concluded that 3 aspects are assessed, namely (1) In the preliminary aspect, 5 students score ≥ 80, while 22 students obtain ≤ 80. (2) In the content aspect, there were 4 students who scored ≥ 80, while 23 students who got ≤ 80. (3) In the closing aspect, 10 students got ≥ 80, while 17 students got ≤ 80. Therefore this research continues to cycle I and cycle II to obtain satisfactory results.

 

Keywords: Active learning, Writing Persuasive Speech texts, Google Classroom.

 

ABSTRAK

       Penelitian Tindakan Kelas menggunakan Google Classroom di masa pandemi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1).Apakah google classroom dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa menulis teks pidato.persuasif bahasa Indonesia di Masa Pandemi Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Bagaimana menggunakan google classroom dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa menulis teks pidato persuasif bahasa Indonesia di Masa Pandemi Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Tarakan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022â€. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen observasi non-partisipan.

        Hasil dari data pra siklus dapat disimpulkan 3 aspek yang dinilai, yaitu (1) Pada aspek    pendahuluan siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 5 siswa sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 22 siswa. (2) Pada aspek isi siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 4 siswa sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 23 siswa.(3) Pada aspek penutup siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 10 siswa sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 17 siswa. Oleh karenanya penelitian ini berlanjut ke siklus I dan siklus II untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

 

Kata Kunci: Keaktifan belajar, Menulis teks Pidato Persuasif, Google Classroom.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu, Ahmadi. 2008. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal dan Ahmad Amrullah. 2019. PTK Penelitian Tindakan Kelas, Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Andi Publisher.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Noeng Muhadjir, 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin

Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Utomo, T dan Ruijter K. 1994. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â