Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan

Siti Fathonah, Elsa Oraple, Nurbaya Nadeak

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang betujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca yang ditemukan pada teks laporan hasil observasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII  SMP Frater Don Bosco Tarakan. Data diperoleh melalui  wawancara, tes tertulis, dokumentasi dan klasifikasi data kemuddian dianalisis dengan teknik pengodean (cooding), pendeskripsian tiap-tiap kesalahan, pengklasifikasian dengan menggunakan persentase, dan membuat kesimpulan mengenai kesalahan terbesar sampai yang terkecil. Kesalahan terbesar pada penggunaan tanda baca yang ditemukan pada tulisan siswa yaitu kesalahan pada penghilangan tanda titik di akhir kalimat pernyataan. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik pencatatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu menulis teks laporan hasil observasi siswa yang didalamnya mengandung jenis-jenis tanda baca, dengan teknik analisis data kualitatif deskriptif interpretatif.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca pada teks laporan hasil observasi  siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan berjumlah 153 buah. Kesalahan penggunaan tanda baca yang ditemukan dalam karangan siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan tersebut meliputi: 61 data kesalahan penggunaan tanda titik, 82 data kesalahan penggunaan tanda koma, 2 data kesalahan penggunaan tanda hubung, 1 data kelsalahan penggunaan tanda elipsis, 5 data kesalahan penggunaan tanda petik, 1 data kesalahan penggunaan tanda kurung, dan 1 data kesalahan penggunaan tanda garis miring. Jadi, kesalahan penggunaan tanda baca yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah kesalahan penggunaan tanda koma

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alek A, dan Achmad, H.P. 2010. Macam-macam Karangan. Jakarta: PT, Prenada Media Grup.

Andayani. 2009. Bahasa Indonesia (Buku Ajaran PSG). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.

Badudu, J.S. 1981. Cakrawala Bahasa Indonesia II. Jakarta: PT Gramedi.

Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nurgiantoro, B. 1995. Penilaian dan Pengajaran dalam Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPTE

Rohimah, Ima.2014. BUPENA Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sujanto, Riyono. 2000. Kreatif Menulis. Bandung: Alumni.

Syafi’i, Imam. 1999. Pendekatan dalampengajaran bahasa Indonesia. Malang: IKIP. Malang.

Tarigan, Djago. 2008. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. 1987. Membina Keterampilan Menulis dan Pengembanannya. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henri Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Lilis, dkk. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.

Warida, Ernawati. 2017. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata

Yuwono, G. B. & Iryanto, Tata. 1987. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Surabaya: Penerbit Indah Surabaya.

Nurhikma, A. (2018). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Nasution, Suhailasari, and Arfannudin Nurbaiti. Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP kelas VII. Guepedia, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â