PENERAPAN METODE JIGSAW PADA KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI BAGI SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode jigsaw pada keterampilan menulis eksposisi bagi siswa kelas VII/B di SMP negeri 13 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan tes. Subyek penelitiannya siswa kelas VII dan guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Tarakan. Sumber data penelitian ini berupa hasil tulisan teks eksposisi siswa kelas VII/B. Hasil penelitian diketahui bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan proses dan hasil belajar keterampilan menulis eksposisi siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Tarakan. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan menghasilkan tulisan eksposisi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan keterampilan menulis eksposisi siswa sebelum di lakukan tindakan sebesar yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 47%. Kemudian setelah di berikan tindakan pada sikulus pertama keterampilan mahasiswa menjadi 72% dan untuk siklus kedua keterampilan mahasiswa semakin meningkat menjadi 79%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi bagi siswa kelas VII/B SMP Negeri 13 Tarakan
Kata kunci: metode jigsaw, menulis eksposisi, siswa
Abstract
This research aims to apply the Jigsaw method to the expository writing skills of class VII/B students at Tarakan 13 junior high school. The method used in this research is descriptive qualitative with a research plan in the form of Classroom Action Research. Implementation of the action consists of two cycles; each cycle includes planning, implementation, reflection and observation stages. Data collection techniques in this research include interviews, observations and tests. The research subjects were class VII students and Indonesian language teachers at Tarakan 13 junior high school. The data source for this research is the results of written exposition texts from class VII/B students. The research results show that the Jigsaw method can improve the process and learning outcomes of expository writing skills for class VII B students at Tarakan 13 junior high school. Students become more enthusiastic and active and produce good expository writing. Based on the results of research that has been carried out, students' expository writing skills before taking action have reached the minimum completeness criteria of 47%. Then, after being given action in cycle I, students' skills became 72%, and in cycle II, students' skills increased to 79%. Thus, the application of the Jigsaw method can improve the exposition writing skills of class VII/B students at Tarakan 13 junior high school.
Keywords: jigsaw method, exposition writing, studentsÂ
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
ALhawamdeh, H., & KhairEddeen, L. (2022). The Degree of Native Language Teachers’ Consideration of Persuasive Writing Skills in Teaching Expression. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 409–423.
Amin, M., Andayani, A., Nurkamto, J., Setiawan, B., & Ngadiso, N. (2019). The Development of Video Compact Disk Media Using a Scientific Approach for Expository Writing: A Case in Indonesian Senior High Schools. Anatolian Journal of Education, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.29333/aje.2018.311a
Darmuki, A. & H. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Ttingkat I-B IKIP PGRI BOJONEGORO Tahun Akademik 2018 / 2019 Abstrak Pendahuluan Kegiatan berbicara sebagai bagian dari keterampilan berbahasa sangat penting. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3202, 267.
Haviz, M., & Lufri, L. (2019). Implementing of subject jigsaw learning model and its impact on students’ achievement in Embryology course. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 435–442. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9864
Herawati, L., & Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211
Muhyidin, A. (2020). Does the writing exposition text ability correlate to reading habit and discourse markers mastery? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 885–895. https://doi.org/10.17478/JEGYS.682065
Santoso, I. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 36–54. http://ejurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1080.
Slavin, R. E. (2018). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia
 |   |  | Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia |   | |
 |  | imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) |  | ||
 |  |  |  | ||
 |  |  |  | ||
 |