PENINGKATAN MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 TARAKAN

Alien Kurnia Warya Selia, Ridho Akbar Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi rakyat pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Tarakan melalui penerapan metode Discovery Learning. Metode ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan melibatkan 32 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis puisi rakyat. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis puisi rakyat siswa setelah diterapkannya metode Discovery Learning. Rata-rata skor siswa sebelum penerapan metode adalah 53,1 dan setelah penerapan metode meningkat menjadi 80,6. Hasil ini menunjukkan bahwa metode Discovery Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi rakyat pada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasmawati. (2020). Problematik Siswa Kelas X Dalam Menulis Puisi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nimu, V. (2018). Problematik Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas VIII A SMP Xaverius 2 Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Rochmawati, F., & Ahnaf, F. H. (2021). Upaya Meningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII dengan Model Discovery Learning di SMP Negeri 1 Winongan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 66–71. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.28.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â