AMBIGUITAS LEKSIKAL DALAM KOMIK STRIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (KAJIAN SEMANTIK)

Hilman Safitra, Siti Fathonah, Rita Kumala Sari

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan jenis-jenis ambiguitas leksikal dalam komik strip yang terdapat dalam media sosial instagram serta menganalisis makna yang terkandung dalam kata dan frasa yang bersifat ambigu dengan penekanan pada kajian semantik. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini melibatkan analisis terhadap bahasa tertulis dalam dialog komik strip yang mengandung ambiguitas yang berasal dari media sosial Instagram, khususnya di postingan mulai tahun 2019 hingga 2024. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak bebas libat cakap (SBLC) yang mencakup pengamatan langsung serta pencatatan data. Metode analisis data yang diterapkan adalah metode agih. Berdasarkan analisis data, dari total 15 data komik strip di media sosial instagram jenis ambiguitas yang paling banyak ditemukan adalah ambiguitas tingkat leksikal akibat polisemi sebanyak 13 data komik strip dan homofoni 2 data komik strip. Hal ini menunjukkan bahwa ambiguitas leksikal akibat polisemi memainkan peran yang signifikan dalam menciptakan ambiguitas tersebut. Ambiguitas dalam komik strip di media sosial instagram memunculkan humor atau cerita lucu. Kelucuan ini timbul karena perbedaan interpretasi yang menciptakan alur cerita yang tak terduga bagi pembaca. Ambiguitas ini sengaja diciptakan oleh kreator komik untuk menarik minat pembaca terhadap karya mereka.


Full Text:

PDF

References


Amin, Tania Sani Achmad. 2023. Ambiguitas Gramatikal Dan Leksikal Dalam Webtoon Tahilalats Karya Nurfadli Mursyid: Kajian Semantik. Skripsi(S1), UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ariyanto, Ayok. 2017. Pembelajaran IPS dengan Media Komik Strip Di Kelas 4. Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2019. KBBI Daring. Diakses tanggal 28 Februari dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/web

Gani, S., Berti A. 2018. Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semantik). Jurnal Bahasa dan Sastra Arab.Vol.7, No.1, Juni 2018.

Garing, Jusmianti. 2017. Analisis Semantik Cerita Lakipadada. Sawerigading.Vol.23, No.1, Juni 2017, hal 117.

Hidayah, Nurul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negeri Katon Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1).

Hidayatullah, Muhammad Wifqi. 2022. Penggunaan Ambiguitas Dalam Komik Strip KomikKamvret.

Nashshar, Muhammad Naufal dan Mulyono. 2021. Ambiguitas Dalam Komik Strip Pepekomik: Kajian Semantik.Bapala volume 8 nomor 3.

Pebriyanti, Ika Wahyuni. 2022. Analisis Polisemi Dan Ambiguitas Pada Akun Instagram @Idntimes Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas VIII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Putra, Aan dan Ines Feltia Milenia. 2021. Systematic Literature Review: Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal 3, no. 1.

Sidiq, Umar dan Moh Miftachul Choiri, 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponogoro: CV. Nata Karya.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Trismanto, T. 2018. Ambiguitas dalam bahasa Indonesia. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 4(1, April), 42-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â