BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA
Abstract
Pengembangan empati merupakan upaya untuk melatih siswa mampu menyikapi perbedaan dengan positif. Rendahnya empati merupakan penyebab maraknya kasus kekerasan dan bullying di zaman yang multikultur seperti sekarang ini. Beberapa kajian litelatur menunjukkan permaianan dapat menjadi teknik bimbingan untuk mengembangkan empati. Dalam kajian ini, akan dibahas konteks empati sebagai reaksi afektif, penggunaan permainan dalam bimbingan, serta bentuk – bentuk permainan dapat digunakan dalam mengembangkan empati. Hasil kajian menunjukkan permainan dapat memfasilitasi pengembangan empati siswa secara menyenangkan, selain itu siswa akan terlibat secara aktif untuk mengidentifikasi perbedaan, memahami dan mengapresiasi perasaan orang lain, dan belajar untuk menempatkan diri dalam setiap situasi yang berbeda.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo
View My Stats