UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X NKPI 1 SEMESTER I SMK NEGERI 3 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Siti Rohana

Abstract


Penelitian tindakan bimbingan konseling ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus  dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan  layanan.  Digunakan  dua  siklus  supaya  dapat diketahui dengan pasti peningkatan motivasi belajar dalam memahami layanan bimbingan kelompok. Tujuan  dilakukannya  penelitian  tindakan  bimbingan konseling  ini  (PTBK)  adalah untuk  meningkatkan  motivasi   belajar  melalui  layanan   bimbingan   kelompok.  Subjek penelitian ini yaitu peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan konseling.

Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan model layanan   dengan pendekatan bimbingan kelompok, dapat meningkatkan  motivasi belajar siswa, yang  dibuktikan  dengan hasil  belajar  di  setiap  aspek  pengamatan,  tindakan    sehingga  mengalami  peningkatkan motivasi   belajar  di setiap   siklus dan setiap akhir pertemuan layanan.   Untuk   motivasi belajar pada siklus I menunjukan peningkatan  dari siklus I hanya 12,7 dengan kriteria sangat kurang menjadi rata-rata peningkatannya   36,7 dengan kriteria baik walaupun masih ada beberapa siswa belum mempunyai motivasi mencapai kriteria baik maka akan dilakukan bimbingan secara klinis untuk menemukan masalah yang dihadapi siswa sehingga motivasi siswa dapat meningkat dalam mengikuti pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats