PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AMIN

Ibrahim Latepo, Siti Rahmi, M. Said Zainuddin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan edukatif terhadap interaksi sosial  Anak  Kelas B1 TK AL-AMIN Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental design dalam bentuk Reversal Time Series Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 56 anak dan sampel 10 anak kelas B1 TK AL-AMIN Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis grafik dengan ketentuan pengambilan keputusan analisis grafik berdasarkan, Frekuensi, Latensi, Kecenderungan Stabilitas, Kecenderungan arah grafik, dan Level Perubahan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui observasi yang dilakukan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan (intervensi) berupa metode permainan edukatif  berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari data frekuensi menunjukkan adanya peningkatan selama pengamatan, berdasarkan kecenderungan arah grafik (trend) menunjukkan arah yang stabil dan membaik/meningkat, dan pada level perubahan data yang diperoleh cenderung stabil dan meningkat. Maka dapat dismpulkan bahwa ada pengaruh  metode permainan edukatif terhadap interaksi sosial anak kelas B1 TK AL-AMIN Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Kata Kunci : Permainan Edukatif, Interaksi Sosial, Taman Kanak-Kanak


Full Text:

PDF

References


Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang Anak & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika, Hal, 46–50.

Eliasa, E. I. (2014). Increasing values of teamwork and responsibility of the students through games: Integrating education character in lectures. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 123, 196–203.

Elizabeth, B. (2016). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.

Hamalik, O., Tohirin, U., & Mahmud, M. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta.

Musrifah, N., Mardiyati, S., & Djannah, W. (2013). Peningkatan Interaksi Sosial Anak Melalui Permainan Scrabble. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. CRICED University of Tsukuba, 1–150.

Suwarjo & Eliasa, E. I. (2010). Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Tohirin, A., & Pd, M. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats