PENERAPAN HOME VISIT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 037 TARAKAN

Nur Qayyumi Yuniaty, Suriata Suriata, Nisa Ariantini

Abstract


Abstract
This study aims to examine "Implementation of Home Visits to Increase Student Interest in Learning". This type of research is qualitative with a case study approach. In this study, data sources consist of primary data and secondary data. Primary data sources were 2 students participating in home visit services and class VI-A teachers. Secondary data sources are parents, school principals, and supporting documents for this study. Interviews, observations, and documentation were used as data collection techniques. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the home visit service carried out by class VI-A teachers at SD Negeri 037 Tarakan was effective in increasing students' interest in learning. Class VI-A teachers conduct home visit services according to the Operational Guidance and Counseling Guidelines for Elementary Schools (POP BK SD) with several stages consisting of the preparation stage, the implementation stage, the final stage of the home visit, and the reporting stage of the home visit. In the preparation stage, the class teacher analyzes and focuses on the problems experienced by students. Then, the class teacher communicates with the student's parents regarding the plan to carry out the home visit. The class teacher must get an assignment letter from the school principal. At the implementation stage, class teachers meet with parents to discuss problems experienced by students. At the end of the home visit, the class teacher and parents held a discussion regarding the student's learning interest issues that had to be resolved during the home visit. At the home visit reporting stage, the class teacher reports the results of the home visit to the school principal.
Keywords : Home visit, learning interest
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji “Pelaksanaan Home Visit untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswaâ€. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan study kasus. Dalam penelitian ini, sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah 2 siswa peserta layanan kunjungan rumah dan guru kelas VI-A. Sumber data sekunder adalah orang tua, kepala sekolah, dan dokumen pendukung penelitian ini. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan kunjungan rumah yang dilaksanakan oleh guru kelas VI-A SD Negeri 037 Tarakan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Guru kelas VI-A melakukan pelayanan kunjungan rumah sesuai Pedoman Operasional Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (POP BK SD) dengan beberapa tahapan yang terdiri dari tahap persiapan, tahappelaksanaan, tahap akhir kunjungan rumah, dan pelaporan tahap kunjungan rumah. Pada tahap persiapan, guru kelas menganalisis dan memfokuskan pada permasalahan yang dialami siswa. Kemudian, guru kelas berkomunikasi dengan orang tua siswa terkait rencana pelaksanaan kunjungan rumah. Guru kelas harus mendapatkan surat tugas dari kepala sekolah. Pada tahap implementasi, guru kelas bertemu dengan orang tua untuk membahas permasalahan yang dialami siswa. Pada akhir kunjungan rumah, guru kelas dan orang tua mengadakan diskusi mengenai masalah minat belajar siswa yang harus diselesaikan selama kunjungan rumah. Pada tahap pelaporan kunjungan rumah, guru kelas melaporkan hasil pelaksanaan kunjungan rumah kepada kepala sekolah.
Kata Kunci : Home visit, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Lelono, A. R., & Duling, J. R. (2018). The Relationship Between Learning Achievements And Student’s Learning Interest Of Smk Karsa Mulya Palangka Raya School Year 2016/2017. PARENTAS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(1), 10–19.

Marta, E. (2022). Pengaruh Metode Home Visit terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Data management and analysis methods. Sage Publications, Inc.

Nasution, H. S., & Abdillah, S. A. (2019). Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya.†Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Nurjannah, N. (2019). Pengaruh Role Playing Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 137–148.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Pratiwi, V. A., & Nurcahyo, A. (2022). Implementasi Home Visit untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD di Masa Pandemi. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1).

Sabela, R. A., Anggraeni, P. S., & Muhid, A. (2021). Layanan Home Visit Dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar Pada Siswa: Literature Review: Home Visit Services In Overcoming Learning Motivation Problems In Students: Literature Review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17–23.

Sembiring, I. W. (2021). Home Visit Sebagai Solusi Tepat Untuk Menyelamatkan Siswa Bermasalah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 1–10.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Syaifuddin, M., & Amirullah, A. (2020). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Home Visit (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 107–117.

Ziah, R. B. H. (2019). Implementasi Program Home Visit dalam Optimalisasi Hasil Belajar di MINU Trate Putri Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i1.4066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Qayyumi Yuniaty, Suriata Suriata, Nisa Ariantini



View My Stats