PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOARDGAME BERBASIS STIFIN LEARNING DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Badaruzaman, Beni. (2014). Brain Genetic Potential (Pertama). Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Correia, N., Carvalho, H., Durães, J., & Aguiar, C. (2020). Teachers’ ideas about children’sparticipation within Portuguese early childhood education settings. Children and Youth Services Review, 111, 104845. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.104845
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar pendidikan anak usia dini siswa. M a t h l i n e : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gianina-Ana, M. (2013). Kindergarten Teachers’ Perceptions on in-service Training and Impact on Classroom Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 481–485.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.150
Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93-102.
Hardianto, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB (Google Sites) di Tingkat SMP Kelas VIII (Doctoral dissertation).
Khadijah, K. (2013). Belajar Dan Pembelajaran.
Kyriacou, C. (2009) Effective Teaching in School: Theory and Practice. Third Edition. Delta Place, Cheltenham, UK: Nelson Thornes Ltd
Limantara, D., Waluyanto, H. D., & Zacky, A (2015). Perencanaan board game untuk menumbuhkan nilai-nilai moral pada remaja. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 9.
Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh, 20(01), 129-138.
Masduki, L. R. (2015). Pengembangan Pendidikan Matamatika Berkarakter di Sekolah Dasar Melalui Cooperative Learning “Thipasâ€. Aksioma, 4 (1/ Maret).
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53.https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Panggabean, H. S., Hasanah, N. U., Ulfia, S., Hardiyanti, S. D., Astuti, P. W., Septianingsih, & Fitri, E. (2021). Upaya Guru PAI Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Education & Learning, 1(2), 6-11. Retrieved from http://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/EL/article/view/52
Peraturan Pemerintah Republik Indonesie Nomor 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Peraturan Menteri Pendidiakn Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007.
Rohani, R. (2019). Media Pembelajaran Fakultas Ilmu tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95.
https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27
Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., ... & Kom, M. (2021). Perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. Agrapana Media.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sitompul, S. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tukka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Reseacrh and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, W., Nuryani, D., & Setiawan, Y. Limantara et al., (2022). Pengembangan Media Smart Land Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Penerapan 3CM Learning Untuk Peserta didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 20-30.
Widoyoko, E. P., & UMPurwerejo, P. T. O. (2016). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Vokasi Untuk Memperkuat daya Saing Lulusan Pendidikan Kejuruan. Artik. (Artikel Penelitian) Purwerejo UMPurwerejo.
Workbook STIFIN Learning, (2012). Jakarta; PT. Kubik Mitra Sukses Mulia
DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i2.4314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lestari Ratu Ayu, Abdul Saman, Muhammad Akil Musi, M. Said Zainuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats