Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Agresif Peserta Didik di Kelas XI.F SMAN 8 Padang

Suci Nur Islami, Yasrial Chandra, Wira Solina

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang membentak teman temannya, suka kedapatan memukul, mendorong temannya, tidak sabar seperti jam keluar waktunya, kurang aktif dalam pembelajaran, menyela-nyela pembicaraan, terdapat peserta didik yang tidak bersikap sopan, serta adanya peserta didik yang mencaci temannya dengan sebutan yang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1). Kontrol diri peserta didik. 2). Perilaku agresif peserta didik. 3). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku agresif peserta didik kelas. Penelitian ini dengan menggunakan  analisis linear regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas berjumlah 327 orang.  sampel berjumlah 97 orang. teknik purposive sampling. Data analisis menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Gambaran kontrol diri peserta didik berada pada kategori rendah. 2). Gambaran perilaku agresif peserta didik berada pada kategori rendah.3). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku agresif peserta didik berada pada kategori rendah dan 63,3% selebihnya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak terlihat dan terdeteksi dalam penelitian ini

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Auliya, M. &, & Nurwidawati, D. (2012). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi Pada Siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. 1–6.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory New Jersey: Prentice – Hall, Inc.

Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis Perilaku Agresif Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8-12.

Firman. (2012). Makalah Penanggulangan Tindakan Kekerasan dan Agresifitas Remaja di Kota Padang. padang: FIP UNP.

Ghufron, M. Nur, & Rini Risnawita. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Rahayu, P.L. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Agresif. Jurnal Psikoborneo, 6 (2).

Meydiningrum & Darminto, E. (2020). Perilaku Agresif Ditinjau dari Perspektif Teori Belajar Sosial dan Kontrol Diri. Jurnal BK Unesa. 11 (4).

Rahayu, P.L. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Agresif. Jurnal Psikoborneo, 6 (2).

Yanizon, A. & Sesriani, V (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif pada Remaja. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 6(1).

Zahri, H., & Savira, I. (2017). Pengaruh Self-Control terhadap Agresivitas Remaja pada Pelajar SMP dan SMU di Sekolah Perguruan Nasional. 1–10

Zulkarnain, A., & Uzlifah, T. (2020). Bimbingan Klasikal dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 8–15




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v6i1.5342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suci Nur Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats