Permainan Gobak Sodor Terhadap Gotong Royong Siswa
Abstract
Permasalahan yang peneliti temukan di SMPN 10 Palu yaitu kurangnya gotong royong siswa yang dimana banyak siswa tidak mampu bekerjasama dengan orang lain, siswa kurang berinteraksi dilingkungan sekolah, siswa kurang percaya diri saat berinteraksi dengan teman-temannya, tidak mampu mengambil keputusan sendiri, siswa belum mampu mengemukakan pendapatnya secara baik menjawab pertanyaan guru maupun diskusi pada saat pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa kelas VIII di SMPN 10 Palu. Populasi yang digunakan peneliti adalah siswa kelas VIII yang berjumlah sebanyak 133 siswa, penarikan sampel berdasarkan hasil pretest terendah. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji paired sample T-test. Hasil analisis uji paired sample T-test diperoleh nilai asymp sig 2 tailed 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa kelas VIII di SMPN 10 Palu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa kelas VIII di SMPN 10 Palu
The problems that researchers found at SMPN 10 Palu were the lack of student mutual cooperation where many students were unable to work together with others, students did not interact enough in the school environment, students lacked confidence when interacting with their friends, were unable to make their own decisions, students were not able to express their opinions well in answering teacher questions or discussions during lessons. The purpose of this study was to determine how the gobak sodor game affected the mutual cooperation of class VIII students at SMPN 10 Palu. The population used by researchers was class VIII students totaling 133 students, sampling was based on the lowest pretest results. The research method used Pre-Experimental Design with the One Group Pretest-Posttest model. This research procedure was carried out in 9 meetings. The data analysis technique used descriptive analysis and inferential analysis with the paired sample T-test. The results of the paired sample T-test analysis obtained an asymp sig 2 tailed value of 0.005 <0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an influence of the gobak sodor game on the mutual cooperation of class VIII students at SMPN 10 Palu. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence of the gobak sodor game on the mutual cooperation of class VIII students at SMPN 10 Palu
Full Text:
PDFReferences
Ariantini, N., & Suriata, S. (2019). Konstruksi Permainan Tali Luek Sebagai Teknik Empowering Konseling Model Kipas. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 1(2).
Dwiani, R., & Rusmaladewi, S. O. B. (2021). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kerjasama Anak Kelompok B Tk Intan Sari Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020.
Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok.
Hartinah, Siti, (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT.Refika Aditama.
Kirom, S. (2017). Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Sastra Dengan Model Permainan Gobak Sodor. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 93.
Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.
Fahriani, S. S. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Gotong Royong pada Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.
Renolita, M., Habsy, B. A., & Arifah, S. (2019). Keefektifan bimbingan kelompok melalui permainan tradisional (gobak sodor) dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-25.
Romlah, Tatiek. (2006). Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111-1121.
Subuh, A., Mamat, S., & Sunaryo, K. (2016). Gotong Royong Dalam Permainan Tradisional Gobag Sodor. Etnopedagogik: Kajian Nilai-Nilai Etnokultur Sebagai Landasan Pendidikan.
Wahyu Rejeki, H. (2020). Membangun Karakter Gotong Royong dan Kerjasama Melalui Gemar Berinfak Wujud Nasionalisme di Sekolah. Wahana, 72(1), 75-84.
DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v6i1.5345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurwahida Alimuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats