Permainan Gobak Sodor Terhadap Gotong Royong Siswa

Nur Syaiema, Nisa Ariantini, Siti Rahmi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Nunukan adapun permasalahan yang peneliti temukan di SMPN 1 Nunukan yaitu kurangnya gotong royong siswa yang dimana banyak siswa tidak mampu bekerjasama dengan orang lain, siswa kurang berinteraksi dilingkungan sekolah, siswa kurang percaya diri saat berinteraksi dengan teman-temannya, tidak mampu mengambil keputusan sendiri, siswa belum mampu mengemukakan pendapatnya secara baik menjawab pertanyaan guru maupun diskusi pada saat pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa kelas VIII di SMPN 1 Nunukan. Populasi yang digunakan peneliti adalah siswa kelas VIII yang berjumlah sebanyak 233 siswa, penarikan sampel berdasarkan hasil pretest terendah. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji paired sample T-test. Hasil analisis uji paired sample T-test diperoleh nilai asymp sig 2 tailed 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa kelas VIII di SMPN 1 Nunukan. Berdasarkan skor pretest keseluruhan sampel berada pada kategori sedang, pada skor posttest terdapat 5 siswa berada kategori tinggi dan 5 siswa pada kategori sedang, penyebab siswa tidak mengalami perubahan kategori yaitu pada saat penelitian berlangsung siswa tidak serius dalam mengikuti layanan, siswa sering ngobrol sendiri, siswa masih kurang paham terhadap materi yang diberikan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan gobak sodor terhadap gotong royong siswa kelas VIII di SMPN 1 Nunukan. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa menjadikan acuan agar kedepannya bisa menjadi bahan dalam penelitian selanjutnya

Full Text:

PDF

References


Ariantini, N., & Suriata, S. (2019). Konstruksi Permainan Tali Luek Sebagai Teknik Empowering Konseling Model Kipas. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 1(2).

Dwiani, R., & Rusmaladewi, S. O. B. (2021). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kerjasama Anak Kelompok B Tk Intan Sari Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok.

Hartinah, Siti, (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT.Refika Aditama.

Kirom, S. (2017). Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Sastra Dengan Model Permainan Gobak Sodor. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 93.

Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.

Fahriani, S. S. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Gotong Royong pada Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

Renolita, M., Habsy, B. A., & Arifah, S. (2019). Keefektifan bimbingan kelompok melalui permainan tradisional (gobak sodor) dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-25.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111-1121.

Subuh, A., Mamat, S., & Sunaryo, K. (2016). Gotong Royong Dalam Permainan Tradisional Gobag Sodor. Etnopedagogik: Kajian Nilai-Nilai Etnokultur Sebagai Landasan Pendidikan.

Wahyu Rejeki, H. (2020). Membangun Karakter Gotong Royong dan Kerjasama Melalui Gemar Berinfak Wujud Nasionalisme di Sekolah. Wahana, 72(1), 75-84.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v6i1.5345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Syaiema

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats