Pengaruh Teknik Behavior Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Di SMA Patra Dharma Tarakan

Sofia Nurul Izza, Emma Juwita Magdalena Sirait, Tri Cahyono

Abstract


Perilaku agresif merupakan perilaku verbal maupun nonverbal yang dimaksudkan untuk merusak atau melukai seseorang, perilaku ini merupakan hasil belajar dari pengalaman kehidupan yang didapatkan dari lingkungan sekolah maupun rumah. Teknik behavior contract merupakan teknik yang bertujuan untuk membantu konseli dalam mengubah atau mempertahankan perilakunya, teknik ini menekankan pada perubahan tingkah laku yang dianggap merugikan diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku agresif siswa di SMA Patra Dharma Tarakan. Teknik behavior contract adalah kesepakatan tertulis antara dua orang individu atau lebih dimana salah satu atau kedua orang sepakat untuk terlibat dalam sebuah perilaku target. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini  berjumlah 12 siswa yakni siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan, penarikan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling berjumlah 6 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan skala perilaku agresif berdasarkan teori Murray dan Bellak (dalam Susanto, 2015) dan teori Buss dan Perry (dalam Hardoni, 2019), teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Adapun uji Paired Sample T-Test menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data dari uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku agresif siswa di SMA Patra Dharma Tarakan. Berdasarkan dari hasil skor Pretest yang diperoleh 6 siswa sebagai sampel penelitian ini terdapat 5 (83%) siswa memiliki tingkat perilaku agresif tinggi, 1 (17%) siswa memiliki tingkat perilaku agresif sedang. Pada hasil Posttest terdapat 6 (100%) siswa yang memiliki tingkat perilaku agresif rendah.


Full Text:

PDF

References


Abi, Antonius R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85-90.

Aminah, S., Purnama, D. S., Suwarjo, S., & Rahman, F. (2021). Analisis Dampak Pelatihan Peningkatan Kompetensi Layanan Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Se-Kabupaten Sleman. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 169-179.

Anshari, A. (2022). Penerapan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Di SMK Negeri 3 Sidrap.

Anwar, Chairul. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD; Yogyakarta.

Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar; Yogyakarta

Dudi, J. (2017). Pengungkapan Diri Siswa Dalam Mengikuti Layanan Konseling Kelompok (Studi Kasus Di MAN Model Palangkaraya). Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Erford, Bradley T., (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Pustaka Pelajar; Yogyakarta.

Febriani, A. R., & Barida, M. (2021, August). Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis Perilaku Agresif Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8-12.

Fikri, A. (2021). Penerapan Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 11 Sidrap.

Hardoni, Y., Neherta, M., & Sarfika, R. (2019). Karakteristik perilaku agresif remaja pada sekolah menengah kejuruan.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Khaira, W. (2022). Kemunculan Perilaku Agresif Pada Usia Remaja. Intelektualita, 11(02).

Malau, T. F., Sinaga, Y. L., Silitonga, R. L., Padang, S. A., Gultom, H. S., & Widiastuti, M. (2022). Studi Kasus Peserta Didik Yang Bertingkah Laku Agresif Di Salah Satu Sekolah SMA. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 15-24.

Pangarsa, N. J. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 203-214.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28-32.

Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Wineka media.

Saputra, I. D. (2019). Effectiveness Of Behavioral Counseling Behavioral Contract Techniques To Minimize Behavior Behaving High School Students. Proceeding Humanities: Teacher Training and Education, 1(1), 8-14.

Sari, S. L., & Devianti, R. (2020). Hubungan Aktivitas Mengikuti Layanan Konseling Kelompok dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa PIAUD STAI Auliurrasyidin Tembilahan. Mitra Ash-Shibyan, 3(01), 55-66.

Sidik, M. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Perubahan Tingkah Laku Siswa Kelas IX SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Batam. JURNAL AS-SAID, 1(2), 33-39.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta; Bandung.

Sulian, I. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior contract Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII-8 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(2), 117-125.

Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan & Konseling di Taman kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syahran, R., Lestari, M., & Arifyadi, A. (2020). Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Agresif Non Verbal pada Siswa Sekolah Menengah Atas. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 2(1), 26-31.

Usan, U., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Upaya Pendidik Membentuk Karakter Siswa Dalam Mempersiapkan Generasi Emas 2045 Berbasis Neurosains. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 73-86

Wijaya, W., Rahayuningsih, S., & Komari, A. (2019). Tingkat Perilaku Aman Tenaga Kerja Bagian Jahit Dengan Menggunakan Metode Antecedent Behavior Consequence Di PT. Glow. Jurmatis: Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Industri, 1(1), 34-43.

Yani, A. L., & Retnowuni, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Pada Remaja Yang Tinggal Di Pesantren. Journal Of Holistic Nursing Science, 6(1), 36-43.

Zahri, H., & Savira, I. (2017). Pengaruh Self-Control Terhadap Agresivitas Remaja Pada Pelajar SMP Dan SMU Di Sekolah Perguruan Nasional. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 4(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling