Pengembangan Media Local Genius Dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SD.

Soniya Agustina, Ni Made Diah Padmi, Siti Rahmi

Abstract


Berakhlak mulia dapat menjadi pondasi yang kuat agar siswa dapat tumbuh menjadi individu yang baik, bertanggung jawab dan peduli terhadap orang lain. Namun, berdasarkan permasalahan yang muncul saat ini banyak sekali siswa yang menunjukkan perilaku bertutur kata tidak sopan terhadap teman sebaya dan guru di sekolah, mengganggu teman saat jam pelajaran dan berkelahi saat jam pelajaran sesuai hasil observasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui media local genius diharapkan dapat membantu membentuk karakter berakhlak mulia melalui nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan local itu sendiri. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media dalam bentuk buku panduan media Local Genius cerita rakyat “batu menangis†dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) oleh Bord and Gall sampai tahap ke 7 yaitu revisi desain.  Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria “Layakâ€, hasil validasi Ahli materi mendapat persentase penilaian sebesar 75% dengan kriteria “Layak’. Uji coba produk dilakukan pada kelompok terbatas yang terdiri dari empat subjek dengan perolehan rata-rata persentase 82,27% dengan kriteria “Layakâ€. Disimpulkan bahwa buku panduan bermain peran cerita rakyat “batu menangis†untuk membentuk karakter akhlak mulia memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan

Full Text:

PDF

References


Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167-178.

Faqih, F. I. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Sosiodrama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(1), 13-18.

Hamzah, A. (2021). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Kajian Teoritik & Contoh-contoh Penerapannya. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hidayat, M. T., & Yakob, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Aceh Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Karakter Siswa Smp di Kota Langsa. Jurnal Metamorfosa, 7(2), 189-200.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Irfan, I., Jarkawi, J., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79-87.

Jayapada, G., Faisol, F., & Kiptiyah, B. M. (2017). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat sebagai Media Pendidikan Karakter untuk Membentuk Literasi Moral Siswa. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 60-62.

Musyawir, M. (2022, November). Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 15-29).

M. Noor, Rohinah, M.A (2012). Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Depok, Sleman Yogyakarta : PEDAGOGIA

Ningsih, N. V., & Novitasari, L. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1)

Nurdestama, H. M., Flurentin, E., & Ramli, M. (2022). Pengembangan Panduan Layanan Konseling Kelompok Berbasis Petualangan Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP. Buletin Konseling Inovatif, 1(2), 74-82.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: Projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Ngazizah, N., & Laititia, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1258-1263.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sa’adah, R. N. (2021). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. (2019). Metode Peneletian Kantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Wulandari, D. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 75-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling