PERAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA

Nanda Vira Marinda, Ni Made Diah Padmi, Riski Sovayunanto

Abstract


Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Fenomena yang terdapat di SMA Negeri 1 Tarakan yaitu: peserta didik sulit untuk mengajukan pertanyaan, kurang aktif dalam berdiskusi, sulit menganalisis permasalahan secara kritis, sulit menganalisis informasi dari berbagai sumber, sulit mencari solusi dan mengambil keputusan serta menyampaikan pemikirannya dan memikirkan pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Tarakan. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa Projek Profil Pelajar Pancasila di sekolah tersebut berhasil mengintegrasikan kemampuan berpikir kritis sebagai bagian integral dari karakter sesuai dengan elemen-elemen yang dikembangkan dalam proses pembelajaran, di mana siswa mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis melalui berbagai kegiatan, seperti berdiskusi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara objektif

Full Text:

PDF

References


Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144.

Firda, E., & Atikah, J. F. (2020). Layanan bimbingan dan konseling ditengah pandemi Covid-19. Pd Abkin Jatim Open Journal System, 1(1), 490-494.

Guidance, C. (2021). Kinerja SLS Dalam Melaksanakan Program BK Layanan Bimbingan Karir Di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(01).

Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep respirasi.EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru,8(1), 55-65. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Hamdani, Prayitno, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen the Improve Ability to Think Critically through the Experimental Method. Proceeding Biology Education …, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Ismail, S., Suhana, S., Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbud. (2020). Pendidikan Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative tasks to improve critical and creative thinking skills.Developing mathematical reasoning in grades K-12,12 Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155-167

Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rakhman, W., dkk. (2021). Sejumput Ide dari Bumi Tuntung Pandang. Bandung: 76 CV Media Sains Indonesia

Sugiyono. (2019). Metode PeneIitian Kuantitatif, KuaIitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Sofia, I.R& Moh.Gufron.(2019).Analisis Faktor Yang Menghambat Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 02 Serut..Jurnal Ilmu-ilmu Sosial,16(2) Hal:124-132.

Susilawati, E., Sarifuddin, S. & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam

Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. In Jurnal Civic Education (Vol. 3, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling