PROGRAM PENGENALAN DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLAY DOUGH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KABUPATEN TASIKMALAYA

Purwati Kuswarini Suprapto, Mufti Ali, Egi Nuryadin, Diki Muhammad Chaidir

Abstract


Program Pengenalan dan Penerapan Model Pembelajaran Wimba dengan Media Pembelajaran Play Dough di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Tasikmalaya adalah untuk meningkatkan kualifikasi dan kapasitas pendidikan pengampu mata pelajaran IPA melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model pembelajaran  dan penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Target yang ditetapkan dalam kegiatan ini yaitu guru-guru IPA yang berada pada jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di wilayah Kabupaten Tasikmalaya diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model pembelajaran Wimba dengan media pembelajaran play dough dengan baik yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan kemampuan visuospasial, dimana kemampuan visuospaisal ini bisa meningkatkan kecerdasan intelegensi guru maupun peserta didiknya. Selain itu mampu memberikan wawasan serta pengalaman pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena penerapan model pembelajaran Wimba dengan media pembelajaran play dough ini memberikan kreatifitas dan pengembangan ide terkait materi sel untuk guru maupun peserta didik.


Keywords


Model Pembelajaran Wimba; Media 3D; Playdough; Madrasah Tsanawiyah (MTs)Kab.Tasikmalaya

Full Text:

PDF

References


A’la, Miftahul. (2010). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka dan UNS.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Brooks, M., (2009), Drawing, Visualisation and Young Children Exploration of “Big Ideasâ€: International Journal of Science Education, vol 31, No. 3

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Campbell, Reece, dan Mitchell. (2004). Biologi. Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gibbons, N. J., Evans, C., Payne, A., Shah, Kavita, Griffin, DK., (2004), Computer Simulations Improve University Instructional Laboratories, , Cell Biology Education Vol. 3, 263–269.

Mathai, S. dan Ramadas, J., (2009), Visual and Visualisation of Human Body Systems, International Journal of Science Education, vol 3, no 3, pp.439- 458.

Nersessian, N. J, 2008, Creating Scientific Concepts, Cambridge, London: A Bradford Book The MIT Press.

Sa’ud, Udin Syaefudin. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sorby, S.A, (2009), Educational Research in Developing 3-D Spatial Skill forEngineering Student., International Journal of Science Education, vol 3, no 3, pp. 459-480.

Suprapto, Hernawati, Suharsono (2015), Mengembangkan Ketrampilan Representasi Mikroskopis, Mahasiswa Calon Guru Biologis menggunakan 3Ds Max, laporan penelitian, Universitas Siliwangi.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v3i2.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â