KLINIK MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI, DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP DI WILAYAH PERBATASAN KALIMANTAN UTARA

Ferryansyah Ferryansyah, Hermansyah Hermansyah, Eka Widyawati, Setia Widia Rahayu

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan melakukan Klinik Matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi, serta kemampuan matematika siswa di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan, yang merupakan salah satu SMP di wilayah perbatasan Kalimantan Utara. Klinik matematika dimulai dengan mencari permasalahan minat dan motivasi dan melakukan konseling untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar matematika siswa. Selain itu, melakukan tutorial terhadap siswa untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa belajar matematika dengan mengelompokkan siswa sebanyak 3 orang per kelompok. Diperoleh hampir semua siswa tidak menyukai belajar matematika, karena sulit menghapal rumus matematika yang banyak, tidak paham atau susah mengerjakan soal matematika, anggapan menghitungkan dalam pelajaran matematika sangat melelahkan. Terlihat juga ketika siswa mengerjakan soal matematika yang dasar seperti pengoperasian campuran bilangan bulat, pecahan, bentuk decimal, persentase hanya sebagian kecil siswa yang dapat mengerjakan nya. Hasil akhir kegiatan Klinik Matematika bahwa pada setiap kegiatan siswa antusias, senang, tertarik, terlibat, dan perhatian terhadap pelajaran matematika mengikuti pelajaran matematika di kelas dan di rumah. Dan sebanyak 83% siswa terjadi peningkatan terhadap kemampuan matematikanya. Atau hanya 16% yang belum ada peningkatan sama sekali kemampuan matematika nya.

Keywords


Minat; Motivasi; Kemampuan Matematika; Klinik Matematika

Full Text:

PDF

References


De Lange, J. (2004). Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Paris: OECD-PISA.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. Diakses melalui situs https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Diakses tanggal 23 April 2019.

Yunianto, Sopan Suwidar. (2019). Konseling Behavioristik Tingkatkan Motivasi Belajar Matematika. Pada situs http://jatengpos.co.id/konseling-behavioristik-tingkatkan-motivasi-belajar-matematika/. Diakses tanggal 23 April 2019.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

LPPM Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1, Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb