COBEK MAMA FISKA (COMMUNITY BELAJAR AKTIF MATEMATIKA FISIKA) SOLUSI MENINGKATKAN PENGETAHUAN MATEMATIKA DAN FISIKA SERTA MENYEDIAKAN FASILITAS DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA-SISWI SD DAN SMP DI WILAYAH DESA SESAYAP KECAMATAN SESAYAP HILIR

Rosdiana Rosdiana, Muh. Andi Sapariansyah, Muhaimina Sa'adah Helvy Effendy, Rhagiel Adithya Hadrin, Nurmala R

Abstract


Desa sesayap kecamatan sesayap hilir, KTT (Kabupaten Tana Tidung) merupakan wilayah pedesaan dengan mata pencaharian terbesara adalah sebagai buruh pada perusahaan kelapa sawit. Orang tua disana begitu tidak memperhatikan pendidikan anak-anak mereka serta minum akan kesadaran terhadap mutu pendidikan anak. Banyak anak-anak yang sekolah ikut pindah di perusahaan kelapa sawit tersebut sehingga mereka sulit memperolrh proses pembelajaran yang baik karna kurangnya kesempatan dalam belajar apabila mereka tinggal diperusahaan tersebut dikarenakan akses penghubung antara desa dan perusahaan ini adalah dengan menyebragi perahu yang begitu terbatas. Dan sebagian dari pekerja disana yang memillih tetap tinggal didesa juga kurang memperhatikan pendidikan anak-anak mereka oleh karena itu mutu pendidikan disana kurang diperhatikan. Berdasakan masalah diatas maka kami dari Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Menawarkan sebuah program kegiatan yang berjudul COBEK MAMA FISKA dimana program ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di desa sesayap dengan diadakan bimbingan belajar khusus Pelajaran Matematik dan Fisika terhadap siswa-siwi SD & SMP. Dan dengan adanya program ini diharapkan siswa-siswi di desa sesayap memiliki pengetahuan dan keterampilan pendidikan yang baik agar tidak ketinggalan dengan kemajuan yang adadi daerah lainnya, serta mereka mampu menjadi generasi yang mampu mengembangkan dan memajukan desa mereka sendiri.


Keywords


Desa Sesayap; Fisika; Matematika; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Sigiarti, Titik & Fina Afiana, Bimbel Koran Belajar. Bermain dan Bekarya Untuk bangsa. Online:http://bimbelkoan.weebly.com.

Susanti, V.D & Swasti Maharani 2016, ibM Membangun “Desa Cermat” Melalui Bimbingan Belajar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, Jurnal terapan abdimas, 1(1): 39-24Online: http://download.portalgaruda.org/article.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

LPPM Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1, Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb