PELATIHAN PEMBUATAN HOOPART BERBAHAN KAIN GONI DENGAN ORNAMEN DAYAK SEBAGAI PENGEMBANGAN ILMU ARSITEKTUR BAGI GURU-GURU TK ÃISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAMARINDA

Mafazah Noviana, Hatta Musthafa Adam Putra

Abstract


Salah satu industri kreatif yang dapat dilakukan oleh semua kalangan tanpa batasan usia, pendidikan atau gender adalah industri craft. Salah satu bahan yang dapat dikembangkan untuk craft adalah kain goni. Kain goni yang semula hanya dipakai sebagai karung penyimpan bahan sembako, kini merupakan bahan dasar yang sangat mudah untuk dibuat suatu kerajinan atau kreasi yang menarik. Kain goni dirancang dengan produk akhir berupa hoop art yang dipadukan dengan alat pembidang sulam dan pita satin yang membentuk sebuah ornamen interior untuk memberikan karakter pada ruangan. Metode yang dilakukan adalah dengan metode ceramah, praktik dengan bimbingan, serta evaluasi. Dalam pelatihan ini langkah pertama yang dilakukan adalah pengenalan contoh-contoh ornamen ragam hias berbahan kain goni. Selanjutnya diajarkan cara membuatnya mulai dari memilih dan membuat sketsa di atas bahan dasar untuk selanjutnya membuat aplikasi pita satin di atasnya. Pelatihan ini juga dapat dipandang sebagai salah satu cara pengembangan indsutri kreatif dalam tingkat bawah. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta yaitu guru-guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Kota Samarinda, serta dapat menjadi alternatif usaha bernilai ekonomis.

Keywords


Pelatihan; Hoop art; Guru; TK ABA

Full Text:

PDF

References


Anggani, S. (2014). Kreasi Daur Ulang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Frikasari, M. (2008). Belajar Membuat Hoop Art untuk Pemula. Jakarta: Pustaka Widyatama.

Gunartin, Denok Sunarsi, Syafaatul Hidayati. (2019). Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Membuat Sandal Hias. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana , 181 - 190.

Hendrawan, M. E. (2015). Yuk Membuat Suvernir Sendiri. Jakarta: Gramedia.

Ni Putu Linda Santiari, Ni Luh Putri Srinadi, I Gusti Rai Agung Sugiartha. (2019). PKM Kerajinan Kerang di Banjar Lodalang Desa Kukuh Marga Tabanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 17 - 22.

Nia Kurniasih Suryana, Hendris. (2019). Pemberdadyaan Kelompok Wanita Tani dalam Pemanfaatan Pekarangan di Desa Lapri Kabupaten Nunukan. Jurnal Pengabddian Masyarakat Borneo, 45 -49.

Tim. (2013). Solusi Interior Kreatif. Jakarta: Griya Kreasi.

Zulkarnaen, Y. (2009). Sulam Payet Gaya (Niaga). Jakarta: Kriya Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb