PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMP DALAM PEMBUATAN DAN PENERAPAN BAHAN MANIPULATIF MATEMATIKA

Dwi Susanti, Alfian Mucti, Maharani Izzatin

Abstract


Rendahnya hasil belajar matematika siswa dipengaruhi beberapa faktor. (1) kurangnya minat siswa, dikarenakan konsep yang abstrak.(2) metode dan model pembelajaran yang diterapkan guru cenderung sama, dikarenakan kesulitan dalam mengimplimentasikan kurikulum 2013. (3) penggunaan bahan manipulatif yang belum dimaksimalkan. Bahan manipulatif merupakan benda fisik yang dapat dimanipulasi siswa agar dapat mengkonstruk konsep matematika. Berdasarakan permasalahan tersebut diperlukan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan penggunaan bahan manipulatif dalam pembelajaran matematika. Adapun tahapan kegiatannya; 1) Survei lokasi. 2) Menyiapkan sarana dan prasarana untuk kegiatan, 3) Pelatihan pembuatan dan penerapan  bahan manipulatif. 4) Pelatihan teori tentang metode dan model pembelajaran matematika. 5) Pelatihan teori tentang kurikulum 2013. 6) Pendampingan guru mitra dalam penerapan bahan manipulatif yang telah dibuat dalam pembelajaran matematika di sekolah. Hasil  pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut dapat disimpulkan antara lain; 1) menambah pengetahuan guru matematika SMPN 8 dan SMPN 9 Tarakan mengenai berbagai metode dan model pembelajaran kooperatif, 2) menambah pengetahuan guru mengenai pembuatan dan penerapan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, 3) menambah pengetahuan dan ketrampilan guru matematika mengenai pembuatan dan penerapan bahan manipulatif matematika, dan 4) meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan bahan manipulatif, terbukti hampir 85% siswa aktif dalam pembelajaran.


Keywords


Bahan Manipulatif; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Muhsetyo, G. 2017. Pembelajaran Matematika Sekolah Beroreantasi pada Lingkungan. Malang: UM Press.

Sundayana, R. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Susanti, Dwi., Lestari, T.E., Hidayanto, Erry.2016. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berbasis Lesson Study pada Materi Distribusi Geometrik. Universitas Negeri Yogyakarta : Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, hal 406-416.

Swan, P., & Marshall, L. 2010. Revisiting Mathematics Manipulative Materials. Australian Primary Mathematics Classroom, vol 15, no 2, page 13-19.

Van de Walle, J.A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J.M. 2010. Elementary and Middle School Mathematics – Teaching Developmentally (7th Ed). Boston: Pearson Education, Inc.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â