OPTIMALISASI PROFESIONALITAS GURU MELALUI IBM MENULIS PROPOSAL PENELITIAN GURU SMA ISLAM KOTA BATU

Fida Pangesti, Djoko Asihono, Hidayah Budi Qur'ani

Abstract


Guru merupakan ujung tombak penentu wajah pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu,  meningkatkan kompetensi diri untuk menjadi guru profesional merupakan suatu keharusan. Salah satu kompetensi diri yang harus dimiliki oleh guru adalah melakukan penelitian berkaitan dengan masalah-masalah yang terjadi dalam proses belajar-mengajar di kelasnya. Sayangnya, tuntutan tersebut masih belum sepenuhnya terpenuhi karena meneliti dan menulis masih menjadi hal yang sulit bagi guru. Hal itu menjadi dasar pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini. Target program ini adalah guru SMA Islam Kota Batu. Adapun target luarannya adalah proposal penelitian serta seperangkat pengalaman dan pengetahuan berkaitan dengan penulisan proposal penelitian tersebut. Untuk mencapai target tersebut, program ini dilakukan dengan metode lokakarya melalui tiga tahap, yaitu (a) pramenulis, (b) menulis, dan (c) pascamenulis. Di samping itu, demi efektivitas juga digunakan metode tutorial online. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa guru-guru merasa sangat senang dan terbantu oleh pelaksanaan kegiatan pengabdian. Beberapa guru di SMA Islam Batu merasa kesulitan dalam hal pemilihan topik, menentukan tindakan terhadap masalah, menyusun rumusan masalah, dan menuangkan gagasan yang telah disusun ke dalam proposal penelitian. Melalui kegiatan ini, diharapkan guru-guru dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis proposal penelitian.


Keywords


Menulis; Proposal Penelitian; Guru

Full Text:

PDF

References


MY, Nurmaini. 2016. â€Implementrasi Teknik Triple P dalam Memudahkan Guru Bahasa Inggris SMA N 4, SMA N 5, dan SMA N 8 Kota Jambi Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelasâ€. Dalam Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 16 (1). Jambi: Universitas Batanghari.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2008. (Online), terdapat pada laman http://jabatanfungsional.com/jabfung/Peraturan_Menteri_Negara_ Pendayagunaan_Aparatur_Negara_Dan_Reformasi_Birokrasi_Nomor_16_Tahun_2009_Tentang_Jabatan_Fungsional_Guru_Dan_Angka_Kreditnya.pdf, diakses pada tanggal 13 September 2017.

Radar Malang. 13 Juni 2017. “Ratusan Guru Tak Ciptakan Karya Ilmiahâ€. (Online), terdapat pada laman http://www.radarmalang.id/ratusan-guru-tak-ciptakan-karya-ilmiah/, diakses pada 18 September 2017.

Ridwan, Ardi Surya Satria. 2017. Peningkatan Mutu Dikalangan Guru SD Gugus Diponegoro Kecamatan Ungaran Barat dengan Kemampuan Penyusunan Propsal PTK Melalui Workshop. Jurnal Penjaminan Mutu. Volume 3 (1). Denpasar: Institut Dharma Negeri.

Suyanto, Ph.D. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. 2016. (Online), terdapat pada laman http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_ no_20_ th_2003.pdf pada tanggal 13 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i2.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb