PEMIJAHAN IKAN LELE DENGAN MENGGUNAKAN PAKAN YANG DIBERI TEPUNG KUNYIT DAN PENYUNTIKAN OVAPRIM DI POKDAKAN PURNAMA RIMBA KALIMANTAN UTARA

Awaludin Awaludin, Diana Maulianawati, Ferica Christinawati Putri, Darma Darma, Chintia Nur Khasanah

Abstract


Ikan lele merupakan salah satu komiditi perikanan yang mengalami peningkatan dalam produksi karena permintaan pasar yang meningkat. Permintaan akan produksi ikan lele di kota Tarakan juga mengalami peningkatan. Meningkatnya permintaan pasar, mendorong upaya dalam produksi ikan lele. Salah satu kunci keberhasilan produksi lele yaitu pada pemijahan, karena pemijahan ikan lele terjadi secara musiman. Untuk menganggulangi ketersedia benih ikan lele maka harus ada alternative teknologi reproduksi untuk pemijahan ikan lele agar dapat terjadi sepanjang tahun. Teknologi rekayasa pemijahan dapat dilakukan dengan kawin suntik menggunakan hormon dan perbaikan kualitas pakan. Pemijahan yang dilakukan oleh para pembudidaya ikan lele (mitra) di Kota Tarakan dengan menggunakan metode pemijahan alami (konvensional) hal ini menyebabkan pemijahan hanya dapat dilakukan pada musim hujan sehingga ketersediaan benih ikan lele menjadi terbatas tergantung dari musim pemijahan saja. Hasil kegiatan ini, mitra telah mampu membuat pakan dengan menambahkan tepung kunyit dan mitra juga telah mampu melakukan pemijahan buatan ikan lele dengan menggunakan hormone ovaprim. Kegiaatan selanjutnya ialah dengan melakukan pemijahan dan menghitung laba dari hasil kegiatan. Diharapkan dengan pelatihan yang akan dilakukan di kelurahan juata kerikil dengan kelompok “Pokdakan Purnama Rimba†menjadi langkah awal untuk meningkatkan produksi benih ikan lele dikota Tarakan sepanjang tahun.


Keywords


Ikan Lele; Hormone Ovaprim; Kunyit; Larva

Full Text:

PDF

References


Awaludin, Kartina, Maulianawati, D, Manalu W, Andriyanto, Septiana R, Arfandi A, Lalang Y. 2020. Phytochemical screening and toxicity of ethanol extract of Sauropus androgynus. Biodiversitas Journal of Biological Diversity 21(7):2966-2970.

Awaludin, Maulianawati D, Adriansyah M. 2020. Potensi Ekstrak Etanol Seledri (Apium graveolens) untuk Maskulinisasi Ikan Cupang (Betta sp). Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik 3(2):101-114.

Awaludin, Maulianawati D, Rukisah, Nursia. 2018. Peningkatan produksi petani budidaya lele di kelurahan mamburungan timur melalui pelatihan teknologi bioflok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo 2(2):52-57.

Dewi CD, Ekastuti DR, Sudrajat AO, Manalu W. Improved vitellogenesis, gonad development and egg diameter in catfish (Pangasianodon hypophthalmus) supplemented with turmeric (Curcuma longa) powder. Aquac Res. 2018;49:651–658.

Iromo H, Maulianawati D, Muslihak. 2019. Pengaruh Penambahan Hormon Tiroksin Pada Artemia Salina Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Udang Windu (Penaeus monodon). Jurnal Harpodon Borneo 11(2).

Maulianawati D, Rukisah, Awaludin, Guntur MI. 2018. Uji toksisitas dan Analisis Kandungan Fitokimia Ekstrak Methanol dan Kloroform Daun Paku Uban (Nephlorepis bisserata). Jurnal Harpodon Borneo 11(2).

Maulianawati D, Rukisah, Awaludin, Guntur MI. 2020. Utilization of Paku Uban (Nephrolepis biserrata) Extract as a Molting Stimulant of Mud Crabs (Scylla spp.) in Traditional Ponds. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 12(1):113-121.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 2018. Refleksi dan Outlook. Jakarta.

Rawung D R. 2019. Studi Pengaruh Kombinasi Kurkumin dan Hormon Tiroksin Tehadap Penampilan Reproduksi Induk dan Pertumbuhan Larva Ikan Lele. Tesis. IPB.

Ridwan A, Awaludin, Anggraeni T. 2016. Gonadal Maturity Induction using Karamunting (Melastoma malabatrhicum) Ethanol Extract on White Shrimp Female (Litopenaeus vannamei). Proceeding International Conference on Global Resource Conservation 6 (1).

Rukisah, Maulianawati D, Cahyadi J. 2019. In vitro antibacterial efficacy of leaves extract of centela asiatica against Vibrio harveyi AND Aeromonas hydrophila. Indonesian Aquaculture Journal 14(2):69-74.

Utiah, A., 2000. Pola Reproduksi Tahunan Ikan Jambal Siam (Pangasius hypothalamus) dalam Wadah Budidaya Bersumber Air Sungai dan Air Danau. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i2.1789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â