EDUKASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BAGI GURU SMA SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL

Aidil Adhani, Nursia Nursia

Abstract


New Normal merupakan bentuk kebiasaan baru yang hampir ditemukan di setiap bidang selama pandemi covid-19, tidak terkecuali bidang Pendidikan. Guru sebagai fasilitator utama dalam pelakansanan pembelajaran di sekolah memiliki peran penting untuk membiasakan kebiasaan baru (new normal) bagi peserta didiknya. Guru perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam kegiatan belajar mengajar, mulai dari tahap perencaan hingga evaluasi pembelajaran. Kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan pembelajaran secara daring mengharuskan guru untuk menyesuaikan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Salah satu solusi sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru yaitu menerapkan pembelajaran blended learning. Oleh karena itu, guru-guru dianggap perlu memperoleh edukasi yang tepat mengenai pembelajaran blended learning. Informasi diberikan melalui kegiatan webinar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa 87% guru peserta webinar memperoleh pengetahuan baru mengenai blended learning.

Keywords


New Normal; Covid-19; Webinar; Blended Learning

Full Text:

PDF

References


Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Before You Flip, Consider This.Phi Delta Kappan,94(2), 25-25.

Huang, R., Ma, D., Zhang, H. (2008). Towards a Design Theory of Blended Learning Curriculum. In: Fong J., Kwan R., Wang F.L. (eds) Hybrid Learning and Education. ICHL 2008. Lecture Notes in Computer Science, vol 5169. Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-540-85170-7_6.

Prawiradilaga, D. S. (2007). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semler, S. (2005). Use Blended Learning to Increase Learner Engagement and Reduce Training Cost (http://www.learningsim.com/content/lsnews/ blended_learning1.html), 22 Juni 2005.

Singh, H. (2003). Building Effective Blended Learning Programs. Educational Technology, 43(6), 51-54.

Lam, J. (2015) Collaborative Learning Using Social Media Tools in a Blended Learning Course. In: Cheung S., Kwok L., Yang H., Fong J., Kwan R. (eds) Hybrid Learning: Innovation in Educational Practices. ICHL 2015. Lecture Notes in Computer Science, vol 9167. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-20621-9_15.

Qamar, K., Riyadi, S., Wulandari, T.C. (2019). Utilization of whatsapp application as discussion media in blended learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13 (3), 370-378.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i2.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â