PENGENALAN AWAL BUDAYA SUKU TIDUNG MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK ANAK USIA SISTEM DOOR TO DOOR DALAM RANGKA MEMUTUS RANTAI PENULARAN COVID-19 DI SEKOLAH RA HANDAYANI
Abstract
Berbicara Pendidikan adalah berbicara tentang masa depan suatu bangsa. Inilah mengapa pendidikan harus senantiasa mendapat perhatian khusus agar masa depan suatu bangsa dapat terjamin. Bila tidak,maka akan menyebabkan ancaman serius terhadap keberlangsungan suatu bangsa. Ini yang tengah kita hadapi disaat situasi corona yang berpotensi mengancam sektor pendidikan. Anak sekolah tidak boleh lengah dari dunia pendidikan, sehingga turut serta berbagai pihak untuk tetap melangsungkan pembelajaran kepada anak-anak di masa pandemi covid-19 saat ini tentu sangat dibutuhkan. Khusnya di wilayah Tarakan nampak jelas kebingungan anak-anak dan orang tua untuk memulai belajar di rumah.banyak wali murid TK Mengeluhkan Pembelajaran daring ini karena dinilai kurang efektif lantaran banyaknya kurang pemahaman menggunakan IT bahkan adaa yang tidak mempunyai handphone (HP). Inilah permasalahan yang dihadapi pembelajaran sistem daring bagi anak TK. Tujuan dalam program kemitraan Masyarakat ini adalah pengenalan awal budaya suku tidung melalui media video Animasi Untuk Anak Usia sistem door to door dalam rangka memutus rantai penularan covid-19 di sekolah RA Handayani 2 Tarakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar.2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Bandung.
DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i2.1866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2579-9797
P-ISSN : 2615-4323
Contact Person:
1. Nurasmi : 081312300037
2. Hasnawiyah : 08115984484
Email : jpmb.ubt@gmail.com
Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb