PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL KEGIATAN BAGI TIM PENGGERAK PKK KELURAHAN KAMPUNG EMPAT TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Siti Fathonah

Abstract


Pendampingan penyusunan proposal kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi bagi tim penggerak PKK guna melakukan perbaikan secara administrasi ataupun sebagai bentuk pengembangan pengetahuan mengenai struktur dan isi dari sebuah proposal kegiatan. Dengan menyusun proposal kegaiatan maka tim penggerak PKK Kampung Empat Tarakan Kalimantan Utara akan mendapatkan kemudahan secara sistematis mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksakan dan akan direncanakan oleh tim penggerak PKK Kampung Empat. Metode yang akan dicapai dalam pencapaian tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk penyusunan draft proposal kegaiatan yaitu dengan cara melakukan penyusunan secara berkelompok dengan tema yang dapat disesuaikan dengan keiatan yang sedang berlangsung atau yang akan diadakan pada keluarah kampung Empat yang meliputi kaidah bahasa Indonesia dalam penyusunan proposal kegiatan, konsep proposal, sistematikan penyusunan proposal kegiatan serta kegiatan akhir adalah membuat draft proposal kegiatan yang telah disusun oleh kelompok ibu-ibu PKK Kelurahan Kampung Empat Tarakan Kalimatan Utara.

Keywords


pendampingan; PKK; proposal kegiatan

Full Text:

PDF

References


MY, Nurmaini. 2016. ”Implementrasi Teknik Triple P dalam Memudahkan Guru Bahasa Inggris SMA N 4, SMA N 5, dan SMA N 8 Kota Jambi Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas”. Dalam Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 16 (1). Jambi: Universitas Batanghari.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2008. (Online), terdapat pada laman http://jabatanfungsional.com/jabfung/ Peraturan_Menteri_Negara_Pendayagunaan_Aparatur_Negara_Dan_Reformasi_Birokrasi_Nomor_16_Tahun_2009_Tentang_Jabatan_Fungsional_Guru_Dan_Angka_Kreditnya.pdf, diakses pada tanggal 13 September 2017.

Radar Malang. 13 Juni 2017. “Ratusan Guru Tak Ciptakan Karya Ilmiah”. (Online), terdapat pada laman http://www.radarmalang.id/ratusan-guru-tak-ciptakan-karya-ilmiah/, diakses pada 18 September 2017.

Ridwan, Ardi Surya Satria. 2017. Peningkatan Mutu Dikalangan Guru SD Gugus Diponegoro Kecamatan Ungaran Barat dengan Kemampuan Penyusunan Propsal PTK Melalui Workshop. Jurnal Penjaminan Mutu. Volume 3 (1). Denpasar: Institut Dharma Negeri.

Suyanto, Ph.D. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. 2016. (Online), terdapat pada laman http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_ no_20_ th_2003.pdf pada tanggal 13 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v5i1.1951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

LPPM Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1, Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb