PROGRAM PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA 2 TARAKAN

Rita Kumala Sari, Pramesti Enggar Paramita

Abstract


Karya Tulis ilmiah sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan dan juga dunia penelitian. Kebanyakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil dari berbagai macam riset yang dilakukan oleh lembaga penelitian ataupun lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan kompetensi pada guru, dituntut untuk dapat mengasilkan sebuah karya tulis berupa artikel, PTK ataupun karya nyata. Hasil dari tulisan tersebut juga harus dipublikasikan kedalam jurnal ilmiah. Namun kenyataan dilapangan banyak guru yang belum paham dalam membuat karya tulis ilmiah, dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam menyususn karya tulis ilmiah tersebut. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diadakan proses pendampingan penulisan kara tulis ilmiah selama masa covid-19 di Tk Negeri Pembina 2 Tarakan. Tujuan dalam Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Pendampingan  Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk meningkatkan kopetensi guru dan pemahaman dalam menyusun karya tulis ilmiah, serta dapat  mengetahui cara mempublikasikan karya tulis ilmiah.  


Keywords


kompetensi guru; KTI; program pendampingan

Full Text:

PDF

References


Apriani Leni, Gazali Novri, & Idawati. 2019. Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMP 4 Tapung Hilir. J-APDIPAMAS. Vol.3 No.2.

Pujiono Setyawan. 2013. Terampil Menulis (Cara Mudah dan Praktik Dalam Menulis). Yogyakarya: Graha Ilmu.

Sari, R. K., & Pamuji, S. S. (2019). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi dengan Memanfaatkan Lingkungan Alam Sekitar di Sekolah SMPN 2 Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 3(1), 39-44.

Susatya, Edhy. 2013. Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 1, Maret 2013.

Slameto, Kristin, & Eunice W. S. (2016). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Menggunakan Model Klasik. Yogyakarya: Graha Ilmu.

Tarigan, Heri Guntur. 2008. MENULIS Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: ANGKASA.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v5i1.1953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

LPPM Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1, Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb