PROGRAM BIMBINGAN DESAIN PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU BAHASA INDONESIA DAN PENERAPANNYA PADA ERA PEMBELAJARAN NEW NORMAL DI SEKOLAH MTS NEGERI TARAKAN

Siti Sulistyani Pamuji, Wening Tyas

Abstract


Program Kemitraan kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melalukan program bimbingan bagi guru bahasa Indonesia terkait desain pembelajaran daring dan penerapannya pada era pembelajaran new normal di MTs Negeri Tarakan. Kegiatan pengabdian berupa peningkatan kompetensi guru yakni pemahaman mengenai desain pembelajaran meliputi penentuan metode, model, dan media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran daring oleh siswa selama masa pandemik. Sehingga dengan program bimbingan yang akan dilakukan guru dapat menghasilkan desain pembelajaran daring yang akan digunakan dalam proses pembelajaran baik pola Belajar dari Rumah (BDR) maupun pada era pembelajaran new normal. Metode dalam PKM ini terdiri dari beberapa tahap meliputi tahap pendekatan (observasi awal dengan sekolah mitra, brainstorming mengenai permasalahan mitra), metode tahap pelaksanaan (melaksanakan program bimbingan) dan evaluasi pelaksanaan (melakukan evaluasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan). Hasil dari kegiatan ini berupa desain pembelajaran daring yang dibuat oleh guru dari program bimbingan yang dapat diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran selama masa pademi.  


Keywords


desain pembelajaran; new normal

Full Text:

PDF

References


Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2018). Desain model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Bagi Siswa Sekolah Dasar Se-Kalimantan Utara. Jurnal Borneo Humaniora, 1(2), 25-29.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109-119.

Sari, R. K., & Pamuji, S. S. (2019). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Dengan Memanfaatkan Lingkungan Alam Sekitar Di Sekolah SMPN 2 Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 3(1), 39-44.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v5i1.1956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

LPPM Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1, Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb