PENDIDIKAN KESEHATAN OPTIMALISASI NUTRISI DARI OMEGA 3 TERHADAP TUMBUH KEMBANG BALITA DI WILAYAH PESISIR BINALATUNG

Nurasmi Nurasmi

Abstract


Stunting adalah masalah gizi kronis yang digambarkan dengan terhambatnya pertumbuhan.  Keadaan  ini  disebabkan  oleh  malnutrisi jangka panjang.  Stunting berkaitan dengan peningkatan risiko kesakitan dan kematian serta gangguan perkembangan kemampuan motorik dan mental. Oleh karena itu, stunting pada bayi dan balita perlu menjadi perhatian khusus. Pemantauan pertumbuhan khususnya panjang badan dan atau tinggi badan seharusnya dilakukan sejak dini untuk menilai normal tidaknya pertumbuhan anak. Deteksi dini penyimpangan pertumbuhan diperlukan untuk pemberian terapi lebih awal sehingga memberikan hasil yang lebih baik dan mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan.Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang pada masa anak- anak akan memperbanyak pertumbuhan jumlah sel-sel otak. Salah satu nutrisi yang sangat berpengaruh pada masa tumbuh kembang anak adalah omega 3. Kandungan omega 3 sangat bagus untuk membantu perkembangan otak anak dan memaksimalkan tumbuh kembang anak. Salah satu sumber gizi untuk kecerdasan anak adalah omega 3. Salah satu komoditi pertanian yang di budidaya di Kota Tarakan yaitu rumput laut. Rumput laut memiliki kandungan omega 3, omega 6 dan omega 9 yang sangat dibutuhkan balita. Namun, masyarakat sekitar binalatung belum memahami potensi rumput laut untuk gizi balita. Permasalahan stunting yang terjadi pada balita di binalatung adalah kurangnya pemahaman mengenai penyebab stunting, penanganan stunting dan nutrisi yang di butuhkan untuk mencegah stunting. Untuk itu perlu dilakukan pendidikan kesehatan optimalisasi nutrisi dari omega 3 terhadap tumbuh kembang balita di wilayah pesisir Binalatung.

Keywords


Balita, Binalatung. Nutrisi, Omega 3 dan Pendidikan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Departemen Kesehatan RI. Jakarta.

Soetjiningsih. Penilaian pertumbuhan ï¬sik anak. Dalam: IGN Gde Ranuh, penyunting.Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: UKK Tumbuh Kembang IDAI;1995.h. 37-54.

Michael K, Georgieff MD. The role of iron neurodevelopment : fetal iron deficiency and the developing hippocampus. Biochem Soc Trans 2008;36:1267-71.

Souza CT, Denise C, Santos C, Rute ET, Baltieri L, Gibim NC, Habechian FAP. Assessment of global motor performance and gross and ï¬ne motor skill of infants attending day care centers. Rev Bras Fisioter 2010;14:309-15.

Souza CT, Denise C, Santos C, Rute ET, Baltieri L, Gibim NC, Habechian FAP. Assessment of global motor performance and gross and ï¬ne motor skill of infants attending day care centers. Rev Bras Fisioter 2010;14:309-15.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v5i2.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb