PELATIHAN PENERAPAN OUTDOOR ACTIVITY TERHADAP PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLEGENCE ANAK USIA DINI DI KECAMATAN BATUJAYA

Tedi Purbangkara, Rahmat Iqbal, Azhari Ali Ridha

Abstract


Pendidikan bagi anak usia dini merupakan pendidikan yang paling dasar bagi anak. Orang tua harus benar-benar paham dalam mendidikan anak karena pada tahap ini baik dalam memilih lembaga pendidikan bagi sang anak. Dalam pendidikan anak usia dini hendaknya memperhatikan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Karena kecerdasan setiap anak berbeda, olehkarena itu orang tua maupun pendidik anak usia dini harus mengenali kecerdasan yang dimiliki anak agar dapat mengarahkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak secara maksimal. Pembelajaran outdoor activity dalam meningkatkan perkembangan multiple intelligence mempunyai pengaruh besar dalam proses pembelajaran di sekolah. Banyak sekolah-sekolah yang sudah mengembangkan pembelajaran dengan konsep tersebut, Dan hasil yang dicapai adalah banyak siswa yang tadinya diperkirakan tidak dapat berhasil dalam studi mereka tenyata dapat dibantu, dan berhasil dengan baik berkat pengajaran dengan multiple intelligence yang digabungkan dengan outdoor activity. Demikian juga banyak guru yang tadinya merasa tidak dapat membantu anak didik karena mengajar dengan model yang sama terus-menerus ternyata dapat membantu anak didik untuk berhasil karena mereka dapat mengembangkan pengajaran yang bervariasi. Dalam pembelajaran outdoor activity dalam mengembangakan multiple intelligence setiap siswa harus paham dan tau bahwa setiap siswa mempunyai intelegensi yang berbeda dan siswa akan lebih mudah belajar dan dibantu belajar bila materi diajarkan dengan intelegensi mereka yang menonjol. dikarenakan intelegensi siswa di satu kelas berbeda-beda, maka guru perlu memasukkan dan mengolah materi yang akan diajarkan dengan Konsep pembelajaran outdoor activity dalam meningkatkan perkembangan multiple intelligence sesuai dengan intelegensi siswa-siswa tersebut. Guru perlu mengajar dengan model yang bervariasi dan ruang belajar yang tidak terbatas sehingga setiap siswa dapat dibantu secara tepat. Maka, sangat baik sebelum mengajar guru mencoba mengenali intelegesi apa saja yang dimiliki siswanya

Keywords


Outdoor Activity, Multiple Intellegence, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anita, Yus. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ardy, Wiyani Novan dan Barnawi. 2014. Format PAUD. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman, Ayi. (2011). “Pengembangan model pembelajaran outdoor activity pendidikan jasmani berbasis kompetensi di sekolah dasar†[Online] http://jurnal.upi.edu/file/9_ayi.pdf [16 April 2017]

Fadlillah, Muhammad. 2014. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hakim, W. (2013).â€Pengaruh outbound terhadap peningkatan nilai karakter siswaâ€. Universitas pendidikan Indonesia :Tidak diterbitkan.

Kemendikbud. 2012. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PAUD Non Formal dan Informal. Noorlaila, Iva. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Nasution, Nana Suryana, Outdoor Sport Activity. Karawang : Samadiru




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v5i2.2439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â