PROGRAM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MELALUI WEBINAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IGTKI (IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK INDONESIA)

Achmad Dicky Romadhan, Yonis Galih Arifah

Abstract


Karya Tulis ilmiah sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan dan juga dunia penelitian. Kebanyakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil dari berbagai macam riset yang dilakukan oleh lembaga penelitian ataupun lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan kompetensi pada guru, dituntut untuk dapat mengasilkan sebuah karya tulis berupa artikel, PTK ataupun karya nyata. Hasil dari tulisan tersebut juga harus dipublikasikan kedalam jurnal ilmiah. Namun kenyataan dilapangan banyak guru yang belum paham dalam membuat karya tulis ilmiah, dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam menyususn karya tulis ilmiah tersebut. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diadakan proses pendampingan penulisan kara tulis ilmiah selama masa covid-19 di Tk Negeri Pembina 2 Tarakan. Tujuan dalam Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Pendampingan  Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk meningkatkan kopetensi guru dan pemahaman dalam menyusun karya tulis ilmiah, serta dapat  mengetahui cara mempublikasikan karya tulis ilmiah.

Keywords


Program Pendampingan, KTI, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Andriese, H.G. 1993.Pengelolaan Penerbitan Buku 1: Dari Naskah Menjadi Buku. Penerjemah: R, Soeparno. Jakarta: Pusat Grafika Indonesia

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Borg, W.R., & Gall, M.D. 1983. Educational Research An Introduction. The United States Of America: Longman.

Depdiknas.2006. Pedoman Pemilihan dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat bahan ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v5i2.2441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb