Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Limbah Pertanian dengan Pemanfaatan Komposter Di Desa Balok

Imni Fitrahni

Abstract


Mata pencaharian masyarakat sebagai petani memberikan kontribusi yang besar terhadap kuantitas dan kualitas limbah pertanian yang dihasilkan. Meningkatnya volume timbulan limbah tersebut tentunya memerlukan pengelolaan. Hal inilah yang mendasari dilakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan pembuatan komposter. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan transfer pengetahuan kepada masyarakat melalui pengolahan limbah pertanian dengan cara membuat pupuk kompos menggunakan komposter. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan, pendampingan, monitoring, dan pengembangan usaha setelah dilakukannya pelatihan dan pendampingan, dengan menerapkan metode di atas secara tetap, masyarakat bisa mengetahui cara dan tahapan untuk menggunakan komposter dengan membuat pupuk kompos dari limbah pertanian. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melatih masyarakat dalam pembuatan komposter untuk membuat kompos dari limbah hasil pertanian sehingga masyarakat bisa melakukan pengolahan limbah pertanian dengan benar dan dapat dilakukan di mana saja dengan peralatan apa saja serta dapat berkelanjutan.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan di Desa Balok dimana subjek dari kegiatan pelatihan ini merupakan 5 orang kelompok tani dan 10 orang karang taruna di desa tersebut. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa masyarakat menunjukkan sikap antusias dan bisa memanfaatkan secara benar dan tepat dalam menggunakan komposter sebagai pengolahan sampah limbah pertanian menjadi kompos. Hal ini dibuktikan dengan tingkat pemahaman masyarakat yang  serta kesediaan warga untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Kata kunci: Komposter, Limbah Pertanian


Keywords


Komposter, Limbah Pertanian

Full Text:

PDF

References


Arifin. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fadhillah, Sri. (2019). Mengenal jenis komposter dan cara membuat komposter di rumah. Diakses dari http://sustaination.id/mengenal-jenis-komposter-dan-cara-membuat-kompos-di-rumah/

Rachmijati, C., Anggraeni, A., & Parmawati, A. (2019). Pelatihan Classroom Task Untuk Guru Paud Di Desa Palinggihan Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 91. https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i2.13357

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung. Alfabeta

Yanti, D. and Arlius, F. (2018) ‘Pemberdayaan Masyarakat Tani Melalui Pengembangan Teknologi Biogas Dengan Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Sumber Energi Alternatif Pedesaan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), p. 537. doi: 10.24114/jpkm.v24i1.8946.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i3.2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb