Pemanfaatan Aplikasi “Kampong Kute†Sebagai Media Promosi Wisata Religi Desa Bangka Kota

Kiranti Nindita Sari

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi titik fokus pengembangan pemerintahan desa Bangka Kota. Pemerintah desa Bangka Kota sedang dalam proses pengembangan wisata religi dimana hal ini juga ditunjang budaya masyarakat dan terdapat beberapa ikon wisata religi dan sejarah yaitu makam-makam yang dimiliki oleh ulama-ulama yang berperan dalam penyebaran agama islam di Bangka Belitung. Hal terpenting dalam sebuah pengembangan lokasi wisata adalah media promosi yang tepat dan menyuluruh. Hal ini yang mendasari pembuatan aplikasi kampong kute karena dengan sebuah aplikasi kegiatan promosi akan dapat mengakses masyarakat dalam jangkauan yang lebih luas. Kegiatan penelitian ini dilakukan di desa Bangka Kota, dimana sampel dari penelitian ini merupakan pemerintahan desa Bangka Kota serta karang taruna di desa tersebut yang terdiri dari 12 orang PEMDES Bangka Kota dan 16 orang karang taruna (pemuda) desa Bangka Kota. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi kampong kute bermanfaat sebagai media promosi dan informasi serta dapat membantu wisatawan yang berkunjung ke desa Bangka Kota untuk menemukan titik wisata.

Kata Kunci: Promosi Wisata,Aplikasi “Kampong Kuteâ€, Media Informasi dan Promosi


Keywords


Promosi Wisata,Aplikasi "Kampong Kute",Media Infromasi dan Promosi

Full Text:

PDF

References


Augustinah,F,Widayati.(2019).Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 2. Diakses di ejournal.uniramalang.ac.id.

Brogan, Chris (2010) Social Media 101, Tactic and Tips to Develop your Buiness online, John Wiley & Sons.

Herat, Rizki Andini dkk. (2015). Peran Bidang Promosi Dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai. E-journal Acta Diurna, 4 (4). Diperoleh melalui https://media.neliti.com/media/publications/89559-ID-peran-bidang-promosi-dan-pemasaran-dinas.pdf

Linasari, Festi dkk. (2014). Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dan Kunjungan Wisatawan Di Bangkalan. Diperoleh melalui jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/representamen/article/download/1455/1243.

Rukmiyati & Suastini, 2016. Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan. Conference on Management and Behavioral Studies.

Sembiring, Junaidi Pranata. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung. Jurnal Simbolika, 2 (1), 1-22. Diperoleh melalui https://ojs.uma.ac.id/index.php/article/download/223/171 Rcfra.org. (2021).

Sebayang,D.(2018).Efektivitas Media Sosial Sebagai Sarana Promosi “Molen Arabâ€.(Skripsi,Universitas Sumatera Utara,2018). Diakses di repositori.usu.ac.id.

Tresnawati,Y.(2017).Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Potensi Wisata Bahari Cilacap Jawa Tengah. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi UMJ. Vol. 1 No. 2. Diakses di jurnal.umj.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v7i1.2474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â