PEMBINAAN KELOMPOK PEMUDA SADAR WISATA (DARWIS) DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KABUPATEN SIGI SULAWESI TENGAH UDUL

Yusran Yusran, Dewi Wahyuni, Retno Wulandari, Rahmawati Rahmawati, Kartika Megawati

Abstract


Obyek ekowisata Taman Bunga Matahari dan Camping Ground Tabingga Hills di Desa Uwemanje merupakan satu-satunya Taman bunga yang ada di Lembah Palu. Taman ini dibangun atas inisiatif beberapa pemuda yang tergabung dalam kelompok Pemuda Sadar Wisata (Darwis) Tabingga Hills. Olehnya itu, dalam rangka pengembangan ekowisata ini kedepan, maka perlu dilakukan pembinaan dan pemberdayaan kelompok pemuda DARWIS. Beberapa permasalahan yang dihadapi mitra yaitu; 1) Teknik budidaya bunga matahari maupun bunga lainnya yang masih sederhana, 2) Ketersediaan benih dan bibit bunga matahari dan bunga lainnya yang kurang, 3) Manajerial wirausaha dan pemasaran ekowisata yang belum professional. Olehnya itu perlu dicarikan solusi-solusi untuk menanganinya. Metode Pendekatan yang ditawarkan adalah dalam bentuk pendidikan dan pelatihan bagi mitra dengan menggunakan metode penyuluhan, pendampingan yang berupa bimbingan teknis dan pembinaan mitra dalam pembudidayaa bunga matahari maupun bunga lainnya mulai benih hingga panen, pembuatan pupuk organic. Hasil dan luaran kegiatan pengabdian yang telah dicapai adalah Terbangunnya Taman Bunga Matahari dan bunga lainnya dengan luas ±0,5 ha secara monokultur dengan berbagai varietas warna, Terbangunnya Lokasi Persemaian Khusus Bunga Matahari maupun bunga lainnya seluar 5m x 7m serta 1500 Bibit Bunga berbagai varietas serta media social sebagai sarana pemasaran

Keywords


Pemberdayaan; Sadar Wisata (DARWIS); Ekowisata; Lapangan Kerja

Full Text:

PDF

References


Audina M., Wawan.,H Yetti.,(2017). Pertumbuhan dan Produksi Bunga Matahari (Helianthus annus) pada dua jenis medium yang diberi kompos tandan kosong kelapa sawit. Jurnal Faperta Universitas Riau. (4)1: 1-10.

Badan Pusat Statistik., 2019. Kecamatan Kinovaro Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sigi.

Farming Id. (2012). Tips Budidaya Bunga Matahari sebagai tanaman berpotensi.

Nurhayati., A Jamil., R.S. Anggraini., (2011). Potensi Limbah Pertanian Sebagai Pupuk Organik Lokal di Lahan Kering Dataran Rendah Iklim Basah. Jurnal Ipteks Tanaman Pangan. 6(2):1-10.

Odang D., (2008). Belajar membuat website. Komunitas eLeraning Ilmu Komputer.com

Pertiwi A.R., S Yuliani., A.H Purnomo., (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Bumi 7erkemahan Kepurun Klaten dengan arsitektur ekologis. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif. 12(1):103

Saptana, Hastuti, E.L., Indraningsih, K.C., Ashari, Friyatno, S., Sunarsih dan Darwis, V., (2006). Pengembangan Kelembagaan Kemitraan Usaha Hortikultura Di Sumatera Utara, Jawa Barat dan Bali. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Departemen Pertanian, Bogor.

Sudaryono (2016). Manajemen Pemasaran, Teori dan Implementasi. Published, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â