PENGENALAN KEANEKARAGAMAN JENIS BIOTA LAUT DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA-SISWI SD INPRES KOBELETE,KELURAHAN KOTA SOE KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENUJU NEW NORMAL

Imelda Tidora Sombo

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian dengan tema Pengenalan Keanekaragaman Jenis Biota Laut dan Lingkungannya Pada Siswa-Siswi SD Inpres Kobelete, Kelurahan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan di Masa Pandemi covid-19 Menuju New Normal dilaksanakan pada tanggal 07 Desember  2021 dan di ikuti oleh 60 orang siswa yang terdiri dari kelas IV, V, dan VI. Tim memilih SD Inpres Kobelete karena secara geografi sekolah ini berada jauh dari lingkungan laut secara otomatis pengetahuan siswa mengenai biota laut hanya sekedar ikan yang dapat dikonsumsi, tumbuhan laut maupun jenis ikan lainnya kurang dipahami oleh siswa. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan kepada siswa-siswi tentang keanekaragaman biota laut dan menanamkan kepedulian kepada mereka untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan pemberian informasi kepada siswa-siswi Sekolah Dasar, mereka di berikan pengetahuan melalui media video, materi dalam bentuk presentasi dan permainan game. Kegiatan Pengabdian ini merupakan salah satu cara Tim untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dan dikembangkan di Unwira, agar siswa-siswi SD Inpres Kobelete juga dapat memperoleh pengetahuan tentang jenis-jenis biota laut.


Keywords


Keanekaragaman Biota Laut, Covid-19, New Normal

Full Text:

PDF

References


Bengen, D.G. (2001). Ekosistem dan Sumberdaya Alam Pesisir Laut. Bogor: Pusat Kajian Sumber daya Pesisir dan Lautan IPB.

Poernama, A. dan Yuwono.(2003). Ikan Hias Air Laut. Jakarta. Penebar Swadaya

Romimohtarto K & Juwana S. (2001). Biologi Laut : Ilmu Pengetahuan Tentang Biota Laut. Penerbit Djambatan : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i3.2640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb