PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN AGROWISATA RT 15 RW 04 KELURAHAN TALANG JAWA KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Eva Susanti

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan bagian dari fungsi pemerintah yang tujuannya adalah membentuk individu atau masyarakat menjadi mandiri sehingga mampu meingkatkan kesejahteraan melalui peningkatan ekonomi, untuk itu perlu disediakan wadah atau kegiatan yang mampu memberikan fasilitas serta kreatifitas guna mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut. Kelurahan Talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat merupakan wilayah yang majemuk yang memiliki lokasi strategis bagi pengunjung di sekitaran wilayah Baturaja. Dengan berbagai kreatifitas warga setempat menjadikan Kelurahan Talang Jawa dianggap “seksi†untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam hal peningkatan ekonomi. Salah satunya di Rt.15 Kelurahan Talang Jawa yang sudah tahap perencanaan dalam pembuatan Agrowisata. Dalam kegiatan pengabdian ini Rt. 15 Kelurahan Talang Jawa sudah memiliki tanaman buah markisa yang sudah melingkar di sekitar pergola dan memberikan sosialisasi ke masyarakat bagaimana mengelola tempat wisata yang terstruktur, serta membentuk kepengurusan tempat wisata agar dapat terkelola dengan baik serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mendapat dukungan guna pelaksanaan kegiatan masyarakat yang akan dibentuk. Masih kurangnya pemahaman masyarakat akan adanya potensi peningkatan ekonomi di tempat ini sehingga membutuhkan pendampingan yang berkelanjutan.


Keywords


pemberdayaan, agrowisata

Full Text:

PDF

References


Mardikanto, Totok. Dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Budianto, Didik. 2017. PPDM Pengrajin Batu Bata Desa Karangasem Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto.

AR. Chaeruddin,Bambang Setiadi, Ahmad Munawir. 2020. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif di Desa Citaman Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang Banten. Jurn al Abdimas Bina Bangsa. Vol 01, Nomor 01, Juli 2020. Hal 26-37.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2017. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Azizah, Siti Nur. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta. Yogyakarta: Aplikasia.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i2.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb