PENDAMPINGAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI DESA KESILIR KECAMATAN WULUHAN BERBASIS WEB

Reni Umilasari, Habibatul Azizah Al Faruq, Ginanjar Abdurrahman, Amalina Maryam Zakiyyah, Clarence Daffa Rizqullah, David Mohammad Iqbal

Abstract


Perkembangan pemerintah desa saat ini sudah baik dengan adanya anggaran dana desa dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk memajukan desa. Salah satu pelayanan desa adalah mengurus surat administrasi kependudukan. Permasalahan utama pada desa yaitu belum ada sistem yang membantu dalam penyimpanan data administrasi kependudukan dan informasi kegiatan desa. Sistem Informasi Desa (SID) bertujuan untuk melakukan pengadministrasian seperti  surat pindah, surat kematian, surat keterangan tidak mampu, dan sebagainya. Sistem Informasi Desa ini juga untuk penanganan dokumen yang banyak sehingga dalam pembuatan surat pengajuan bisa lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu, tim dosen dan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammdiyah Jember menggagas pembuatan aplikasi berbasis web di Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan data, menghindari kehilangan data dan manipulasi data masyarakat di Desa Kesilir. Sistem Informasi Desa menggunakan Aplikasi Visual Studio Code dengan bahasa pemrograman PHP, jquery. Output dari kegiatan pembuatan aplikasi sistem desa antara lain sistem ini dapat membantu desa untuk mengelola data dan informasi di desa sehingga dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pelayanan masyarakat, pengelolaan potensi desa, promosi keunggulan desa, promosi hasil usaha masyarakat desa, dan transparansi pembangunan desa.


Keywords


desa; administrasi; sistem informasi desa

Full Text:

PDF

References


Aulia, F. (2014). Desain Brosur Wisata Kabupaten Situbondo Menggunakan Corel Draw x4. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Sistem Informasi Desa Rejo Besuki. 58–76.

Implementasi, B. A. B., & Pengujian, D. A. N. (2020). Bab 4. implementasi dan pengujian. 27–49.

Informasi, M. S., & Bangsa, U. D. (2022). Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Siau Dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 7(1), 118–134.

Jamaludin, J. (2020). Spesifikasi Kebutuhan dan Rancangan Perangkat Lunak Sistem Pelayanan Dokumen Desa Linggajaya Berbasis Website.

Manajemen, P. S., Pgri, S., & Jombang, D. (2021). Tata Kelola Administrasi dan Kualitas Sumber.

Mustika, W. P., Kumalasari, J. T., Fitriani, Y., & Abdurohim, A. (2021). Sistem informasi administrasi kependudukan (SIASIK) pada kelurahan berbasis web. Jurnal Sains Komputer Dan Informatika (J-SAKTI), 5(1), 230–240.

Parhusip, J. (2021). Pengembangan Website Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Tumbang Rungan Kota Palangka Raya Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 15(1), 100–111.

Sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). Bagian Pelayanan Umum Di Kantor Desa Tirto Raharjo Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Setyawan, H., Wisnubhadra, I., Perdesaan, K., Cawas, K., Desa, P., Studi, P., Informatika, T., Yogyakarta, U. M., Studi, P., Informatika, T.,

Atma, U., &28 Yogyakarta, J. (2019). Sistem Informasi Desa Sebagai Alat Bantu Pemerintahan Desa. 01.

Triana, E. (2020). Bagian Pelayanan Umum Di Kantor Desa Tirto Raharjo Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Winanjar, J., & Susanti, D. (2021). Rancangan Bangunan Sistem Informasi Administrasi desa Berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 97–105.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v7i3.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb